Warga Pertanyakan Lahan Milik Perusahaan Rokok di Prigen Beralih Fungsi Menjadi Makam Cina

476
Lokasi lahan yang diduga akan difungsikan sebagai makam cina

Prigen (WartaBromo.com) – Warga Desa Prigen, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan mempertanyakan perubahan lahan milik perusahaan rokok terkenal yang beralih fungsi menjadi makam cina.

Salah satu warga setempat, Andhika Wahyu menyebut kalangan tokoh pemuda dan agama warga setempat kini menggelar pertemuan dengan pihak yang bersangkutan.

“Ini mau ada pertemuan warga setempat sama pihak kelurahan, kecamatan dan pengembang,” ungkap Andhika saat dikonfirmasi, Kamis (24/8/2023) pagi.

Menurutnya, pembangunan makam tersebut sudah mengantongi izin dari pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pasuruan pada Selasa 22 Agustus 2023 kemarin.

“Izinnya kuburan keluarga, mas. Bukan diperjualbelikan. Jadi hanya salah paham karena tidak ada sosialisasi. Wong kita tetangganya kok ndak dikasih tahu,” imbuhnya usai melakukan pertemuan dengan pihak terkait.

Namun demikian pihaknya mesih menunggu MOU lebih lanjut soal makam tersebut. Termasuk beberapa sudut pondasi lahan yang dinilai kurang patut alias rawan longsor jika musim penghujan datang.

“Ke depan e ya jangan sampai terlalu banyak yang di kubur di situ, mas. Dadine singup (jadinya angker) mas. Depan rumah pas soalnya,” lanjutnya berharap.

Terpisah, Kepala DLH Kabupaten Pasuruan Heru Farianto saat dikonfirmasi belum bisa memberikan informasi lebih lanjut.

Catatan : Redaksi telah melakukan perubahan judul artikel untuk menghindari persepsi yang salah atas pemberitaan di atas.

(lio/yog)