Manfaat Daun Mangga Untuk Kesehatan, Sudah Tahu?

73

Pasuruan (WartaBromo.com) – Hampir semua orang tidak menyadari keuntungan yang dapat diperoleh dari mengonsumsi buah mangga. Namun, selain buahnya, daun mangga juga mengandung berbagai manfaat penting bagi kesehatan.

Selain itu, daun mangga mengandung banyak vitamin seperti vitamin C, B, dan A, serta nutrisi esensial lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Daun pohon ini juga memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang sangat bermanfaat berkat kandungan flavonoid dan polifenolnya yang tinggi.

Biasanya untuk mendapatkan manfaatnya, daun mangga diubah terlebih dahulu menjadi bubuk setelah daunnya dikeringkan atau digunakan sebagai infus.

Tidak hanya itu saja, ada cara lain juga yakni merendam daunnya dalam segelas air semalaman dan mengonsumsi cairannya di pagi hari.

Baca Juga :   Cara Mengecilkan Benjolan Ambeien pada Anak Tanpa Obat Medis

Nah, berikut ini dilansir dari halodoc.com manfaat daun Mangga, sebagaimana berikut:

1. Obati Diabetes

Daun mangga memiliki peran yang penting dalam mengelola penyakit diabetes. Ada sebuah penelitian yanh dilakukannya pada hewan, yang mana hasilnya telah menunjukkan bahwa daun mangga yang masih muda mengandung senyawa fitokimia yang berpotensi membantu dalam pengobatan diabetes.

Selain itu, daun ini juga dapat membantu mengatasi komplikasi seperti angiopati diabetik dan retinopati diabetik.

Tentunya Bolo dapat memanfaatkan dengan cara merendam daun mangga dalam segelas air semalaman, kemudian menyaring dan mengonsumsi air rendaman ini untuk meredakan gejala diabetes.

2. Pengobatan Batu Ginjal dan Batu Empedu

Ternyata, daun mangga juga dapat membantu dalam pengobatan batu ginjal dan batu empedu.

Baca Juga :   Ini Bahayanya Veneer Gigi yang Jarang Diketahui

Mengonsumsi bubuk daun mangga yang telah dihaluskan, dikeringkan dengan baik, dan direndam dalam gelas semalaman, bisa membantu menghancurkan serta mengeluarkan batu tersebut dari tubuh Bolo.

3. Mengatasi Rasa Cemas

Kandungan mangiferin, senyawa fitokimia dalam daun mangga, memiliki sifat anti-kecemasan yang dapat meredakan kegelisahan yang seringkali dirasakan oleh individu akibat kecemasan.

Dengan menambahkan dua hingga tiga gelas teh daun mangga ke dalam air mandi Bolo, Anda tidak hanya dapat meredakan ketegangan, tetapi juga memberikan kesegaran pada tubuh Bolo. (tra/jun)