Pengurus Baru Resmi Terbentuk, AMSI Ajak Bangun Ekosistem Media Siber yang Sehat

50

Pasuruan (WartaBromo.com) – Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) hari ini resmi membentuk pengurus nasional untuk empat tahun ke depan. Dengan terbentuknya pengurus yang baru, AMSI berkomitmen untuk membangun ekosistem media siber yang sehat.

Hal tersebut sebagiamana dikatakan Wahyu Dhyatmika, Ketua Umum AMSI saat mengumumkan susunan pengurus nasional AMSI periode 2023-2027. Yakni pengurus baru telah bertugas mulai 18 September 2023.

“Langkah konkret yang dimaksud, antara lain menjaga kesinambungan bisnis media digital agar senantiasa sehat dan berkelanjutan, dan mengawal konten informasi yang diterbitkan media digital agar senantiasa relevan dalam hal isi dan formatnya bagi publik,” kata Wahyu.

Tak hanya itu, ia juga mengatakan bahwa AMSI siap membantu anggotanya yang kini berjumlah 456 media di 27 wilayah Indonesia untuk memperbaiki ekosistem bisnis di media masing-masing.

Pasalnya, AMSI menilai masa depan bisnis media siber di Indonesia dalam 5-10 tahun mendatang akan sangat tergantung dari perbaikan ekosistem informasi digital yang dimulai hari-hari ini. Apalagi, pertumbuhan pengguna internet di Indonesia tiap tahun meningkat sekitar 10%.

Baca Juga :   Ini Rangkaian Acara Istimewa Ulang Tahun ke-15 Beritajatim.com

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Sekjen AMSI, Maryadi menyatakan, dengan dibentuknya kepengurusan baru ini, AMSI makin meneguhkan posisinya sebagai asosiasi perusahaan media yang fokus membangun ekosistem bisnis media agar berkualitas kontennya dan sehat  bisnisnya.

“Kami mengundang banyak tokoh dan aktivis media digital dari berbagai latar belakang penerbit pers, untuk memperkuat kepengurusan AMSI. Kami meyakini kepengurusan yang baru ini akan lebih agile dan adaptif, dalam menyikapi perkembangan bisnis dan teknologi di media,” pungkas Maryadi yang juga Direktur Bisnis dan Digital Katadata.

Berikut ini susunan pengurus AMSI Periode 2023-2027, yang ditetapkan dengan SK Pengurus Nasional AMSI Nomor: 127/SK-AMSI/IX/2023:

Ketua Umum: Wahyu Dhyatmika (Tempo.co).

Baca Juga :   Jurnalis Liput Corona, AMSI : Utamakan Keselamatan

Sekretaris Jenderal: Maryadi (Katadata.co.id.

Wakil Ketua Umum: Suwarjono (Suara.com), Citra Dyah Prastuti (KBR.id) , Upi Asmaradhana (Kabarmakassar.com).

Wakil Sekretaris Jenderal: Yulis Sulistyawan (Tribunnews.com), Saptini Darmaningrum (Beritajatim.com).

Bendahara Umum: Gaib Maruto Sigit (MNC Radio Network).

Wakil Bendahara Umum: Ismoko Widjaya (Viva.co.id), Elin Y Kristanti (Liputan6.com).

Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan: Yatimul Ainun (TimesIndonesia.com).
Anggota: Verrianto Madjowa (Darilaut.id), Zen Teguh Triwibowo (Inews.id), Nurkholis (Beritajateng.tv), Fakhrurrodzi Baidi (RiauOnline.co.id), Herwin Bahar (LintasTerkini.com).

Ketua Bidang Advokasi dan Regulasi Media: Agoez Perdana (Kabarmedan.com).
Anggota: Nurudin Lazuardi (Pantau.com), Victor Mambor (Jubi.com), Umi Kalsum (IDNTimes.com), Lestari Nurhajati (Konde.co).

Ketua Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan: Adek Media Roza (Katadata.co.id).
Anggota: Darojatun (Merdeka.com), Prodita Sabarini (Theconversation.com), Sita Dewi (Projectmultatuli.org), Devi Asmarani (Magdalene.co).

Ketua Bidang Bisnis dan Kemitraan: Amrie Hakim (Hukumonline.com).
Anggota: Suwarmin (Solopos.com), Ecep Suwardhani Yasa (Tvonenews.com), Dhimas Ginanjar (Jawapos.com), Tia Yuniarti (Pikiran-rakyat.com).

Baca Juga :   AMSI Gelar Cek Fakta Pilkada 2020

Ketua Bidang Teknologi  dan Informasi: Heru Tjatur Tjahja (Tempo.co).
Anggota: Apni Jaya Putra (TVOne.ai), Arkka Dhiratara (HukumOnline.com), Kartono Sarkim (Pikiran-rakyat.com), Ika Krismantari (Theconversation.com)

Koordinator Wilayah Sumatera: Muhammad Zuhri (Batamnews.co.id).
Kalimantan: Sumarsono (Tribunkaltim.co).
DKI, Jabar dan Banten: Rikando Somba (Validnews.id).
Jateng, Jatim, DIY: Arief Rahman (Lensaindonesia.com).
Bali, NTT, NTB: I Nengah Muliartha (Beritabali.com), Indonesia Timur : M. Djufri Rachim (Sultrakini.com)
Indonesia Timur (Wakil): Hamdi Jempot (Terasmaluku.com).

Majelis Kehormatan: Ati Nurbaiti (Jurnalis Senior), Bambang Harymurti (Tokoh Pers Nasional), Metta Dharmasaputra (CEO Katadata.co.id), Uni Lubis (Pemimpin Redaksi IDNTimes.com), Yosep Adi Prasetyo (Ahli Hukum Pers).

Badan Pertimbangan Dan Pengawas Organisasi: Andy Budiman Kumala (CEO Kompas Gramedia-KG Media), Dahlan Dahi (CEO Tribunnews.com), Dwi Eko Lokononto (Pemred Beritajatim.com), Wenseslaus Manggut (CCO Kapanlagi Youniverse), Yadi Hendriana (Direktur Pemberitaan MNC Media). (jun)