85 Juta Lapangan Kerja Bakal Hilang, Erick Thohir Wanti-Wanti Anak Muda

123

Jakarta (WartaBromo.com) – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, generasi muda memiliki tantangan berat dalam menghadapi masa depan. Seiring berkembangnya digital yang pesat, lapangan kerja akan banyak yang hilang.

Hal itu ia sampaikan dalam acara pengukuhan koordinator presiderium pengurus harian Ikatan Alumni Perhimpunan Pelajar Indonesia (IAPPI) di Gedung Smesco, Jakarta, Kamis (12/10/2023).

Menurutnya, berdasarkan data Future of Jobs Report dari World Economic Forum, sebanyak 85 juta lapangan kerja akan hilang. Sementara pertumbuhan lapangan kerja ditaksir bakal lebih rendah.

“85 juta lapangan pekerjaan yang hilang dibandingkan 67 juta yang tumbuh, artinya para tokoh muda punya tantangan berat,” paparnya dalam acara IAPPI yang disiarkan di kanal Youtube @IAPPI.

Selanjutnya, ia meminta para pemuda untuk merencanakan masa depan dengan matang, mengingat perkembangan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) menjadi tantangan serius bagi para generasi muda.

“Saya berharap ini merupakan keseriusan, bukan hanya wacana yang dibicarakan. Saya berharap kepengurusan dilantik, bisa memberikan paparan kepada saya dalam waktu 1 bulan, mau kemana kita bawa Indonesia kedepan,” tutup Erick. (lio/may)