Begini Cara Meredakan Gusi Bengkak Tanpa Obat-obatan!

40

Pasuruan (WartaBromo.com) – Gusi bengkak pasti sangat mengganggu penderitanya, sebab membuat makan tak enak. Bila sudah demikian biasanya orang akan mengkonsumsi obat pereda nyeri.

Padahal, tak semua obat pereda nyeri aman dikonsumsi serta sebenarnya ada cara lain untuk meredakan gusi bengkak. Bagaimana caranya?.

Dilansur dari siloamhospitals.com, inilah cara meredakan gusi bengkak dengan aman tanpa obat-obatan:

1. Kumur dengan Sari Daun Jambu Biji

Menggunakan ekstrak daun jambu biji adalah salah satu metode alami untuk mengatasi masalah gusi bengkak. Daun jambu biji ini mengandung senyawa antimikroba yang efektif dalam membunuh bakteri penyebab infeksi pada gusi yang bengkak.

Bolo bisa memperoleh ekstrak daun jambu biji dengan cara merebus 6 hingga 7 lembar daun jambu biji dalam air mendidih selama 10 menit dengan api kecil.

Baca Juga :   Apakah Masakan Bersantan Bisa Dipanaskan Lagi? Ini Penjelasan Pakar Nutrisi

Setelah itu, saring ekstrak daun jambu biji ke dalam gelas dan biarkan hingga cairannya menjadi dingin.

2. Kompres Gusi dengan Kantong Teh

Untuk mengurangi rasa nyeri akibat gusi bengkak, Bolo bisa menggunakan kantong teh sebagai kompres. Kantong teh mengandung zat aktif tanin yang memiliki sifat antiinflamasi.

Caranya, rendam terlebih dahulu kantong teh dalam air panas, lalu kompreskan kantong teh tersebut pada area gusi yang bengkak selama 5 menit.

3. Oleskan Bubuk Kunyit di Gusi yang Bengkak

Kunyit adalah salah satu jenis rempah yang memiliki sifat antiinflamasi, sehingga dapat membantu mengurangi pembengkakan pada gusi.

Caranya, Bolo dapat mencampurkan bubuk kunyit dengan air hangat hingga membentuk pasta yang kental. Setelah itu, oleskan pasta kunyit ini ke area gusi yang bengkak dan biarkan selama sekitar 10 menit agar hasilnya lebih optimal. (jun)