FISIP UB Bagikan Beasiswa Public Speaking agar Siswa SMA Percaya Diri Berbicara

143

Malang (WartaBromo.com) – Departemen Ilmu Komuniakasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Brawijaya menjadi tuan rumah bagi sebuah acara penting yang mempromosikan kemampuan berbicara dan komunikasi yang efektif di depan publik, Minggu (22/10/2023).

Acara “Beasiswa Public Speaking” ini merupakan bagian dari program pengabdian kepada masyarakat tahun ke 2 yang diprakarsai oleh tiga dosen Departemen Ilmu Komunikasi Universitas Brawijaya, yaitu Nilam Wardasari, S.I.Kom, M.I.Kom, Nia Ashton Destrity, S.I.Kom, MA, dan Fariza Yuniar Rakhmawati, S.I.Kom, M.I.Kom.

Kegiatan ini merupakan kolaborasi yang berhasil antara Universitas Brawijaya, Ganesha Public Speaking, dan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Malang yang bertujuan untuk memberikan beasiswa dan pelatihan public speaking kepada siswa-siswi SMA se-Malang Raya.

Baca Juga :   Tingkatkan Capaian IKU, PSDKU Agroekoteknologi Universitas Brawijaya Jalin Kerja Sama Internasional dengan UPM Malaysia

Sebanyak 30 peserta beruntung dipilih untuk mengikuti program ini, yang bertujuan untuk membekali mereka dengan keterampilan berbicara di depan umum yang kritis dalam menghadapi tantangan masa depan.

Kegiatan ini dipandu oleh seorang coach berpengalaman dari Ganesha Public Speaking, yaitu Andi Afrilliya Ani, S.I.Kom, M.I.Kom, yang memiliki pengalaman luas dalam membantu individu memperbaiki kemampuan berbicara dan berkomunikasi mereka.

“Beasiswa Public Speaking adalah kesempatan emas bagi generasi muda Malang Raya untuk memperoleh bekal penting dalam komunikasi. Keterampilan berbicara di depan umum merupakan aset yang sangat berharga, terlepas dari perubahan zaman,” kata Nilam Wardasari, salah satu inisiator program ini.

Nia Ashton Destrity menambahkan, dirinya merasa terhormat dapat berkontribusi pada perkembangan generasi muda dengan melihat potensi mereka dalam berbicara di depan publik tumbuh bersamaan dengan percaya diri mereka.

Baca Juga :   Tuntut Balon Kades Gagal Tes Diloloskan, Wabup Pasuruan Temui Pendemo

Fariza Yuniar Rakhmawati, S.I.Kom, M.I.Kom, juga memberikan pandangannya tentang pentingnya program tersebut. “Dalam dunia yang terus berubah dan semakin terhubung, keterampilan berbicara di depan publik adalah alat yang sangat kuat. Dengan keterampilan ini, generasi muda kami akan mampu mempengaruhi perubahan positif dalam masyarakat dan berkontribusi pada kemajuan yang berkelanjutan.”Katanya.

Program Beasiswa Public Speaking diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berbicara, kepercayaan diri, dan pemahaman tentang pentingnya komunikasi efektif dalam menghadapi tantangan masa depan. Universitas Brawijaya, Ganesha Public Speaking, dan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Malang berkomitmen untuk terus mendukung upaya-upaya untuk memberikan pendidikan berkualitas dan keterampilan berharga bagi generasi penerus. (*)