Karhutla di Arjuno Mulai Terkendali, Petugas Gabungan Tetap Siaga

94
Karhutla Arjuno yang mulai terkendali.

Prigen (WartaBromo.com) – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di kawasan Gunung Arjuno mulai terkendali. Namun begitu, petugas gabungan tetap siaga.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pasuruan, Sugeng Hariyadi mengatakan, informasi yang didapat pada Selasa (24/10/2023) pukul 08.00 WIB, api sudah mulai terkendali.

Titik api sudah mulai padam dan belum terdeteksi titik api baru lainnya. Dalam dua hari terakhir, upaya pemadaman lewat jalur darat terus dilakukan petugas.

“Kami pantau terus. Karena api itu kan ada di dalam. Khawatir seperti kemarin, jadi kelihatannya sudah padam. Tapi malam hari terlihat titik api,” ujar Sugeng.

Oleh karenanya, ratusan petugas gabungan penanganan sampai saat ini masih disiagakan. Sebagian dari mereka terus melakukan pemantauan di posko setempat.

Soal luasan lahan yang terbakar, Sugeng belum bisa memastikan. Yang jelas, kebakaran yang terjadi kali ini tidak sebesar kebakaran kawasan Gunung Arjuno beberapa bulan lalu.

“Kami belum menghitung. Konsentrasi kami saat ini hanya pada pemadaman,” imbug Sugeng.

Seperti diketahui, karhutla terjadi di kawasan Gunung Arjuno, tepatnya di Gunung Ringgit wilayah Desa Ledug, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, pada Minggu (22/10/2023).

Kepala Taman Hutan Raya (Tahura) R. Soerjo, Ahmad Wahyudi mengatakan, titik awal api berasal dari kawasan perhutani lalu merambat ke kawasan tahura. Ratusan petugas gabungan pun diterjunkan untuk menangani kebakaran ini. (tof/asd)