Kronologi Dua Pesawat TNI AU yang Jatuh: Lost Contact setelah 28 Menit Mengudara

233

Puspo (WartaBromo.com) – Dua Pesawat milik TNI AU yang jatuh di wilayah TNBTS Pasuruan diketahui berangkat dari Landasan Udara (Lanud) Abdulrachman Saleh, Malang, Kamis (16/11/2023).

Informasi resmi yang diterima wartabromo.com menyebutkan bahwa dua pesawat bernomor TT-3111 dan TT-3103 tersebut merupakan satuan Skadron Udara 21 yang menjalani misi latihan.

“Chevron Flight melaksanakan take off dari Lanud Abdulrachman Saleh pada pukul 10.50 WIB,” papar Kadispen TNI AU Marsma R Agung Sasongkojati dalam keterangan resmi.

Saat mengudara, pukul 11.18 WIB, kedua pesawat dinyatakan Lost Contact. Sementara dua pesawat lainnya berhasil landing di Lanud Abdulrachman Saleh pukul 11.31 WIB.

Lost contact tersebut diperkirakan terjadi 20 menit setelah pesawat berjenis EMB-314 Super Tucano itu lepas landas.

Baca Juga :   Warga Ikat Terduga Maling Motor di Pohon hingga Mantan Kades Nyabu Gegara Stres Kalah Pilikades | Koran Online 12 Okt

Herman, salah satu warga Kecamatan Puspo menyebutkan, baling-baling dari kedua pesawat mula-mula tampak berseinggungan kala mengudara secara beriringan.

“Baling-baling atau sayapnya nempel, saat kejadian cuaca berkabut. Saya melihat pesawat berjalan beriringan,” papar Herman pada wartabromo.com.

Selain itu, lanjutnya, badan pesawat tampak mengeluarkan kepulan asap, hingga akhirnya terjatuh. Bersamaan dengan itu, suara ledakan juga terdengar oleh Herman bersama warga lainnya.

Sekedar diketahui, insiden nahas tersebut terjadi dalam misi Latihan Profisiensi Formation Flight untuk meningkatkan profisiensi para penerbang. (lio/asd)