Honor Naik, Kader Kesehatan Kota Pasuruan Juga Dapat Jaminan Ketenagakerjaan

473

Pasuruan (WartaBromo.com) – Honor kader kesehatan di Kota Pasuruan naik tahun depan. Dewan juga meminta eksekutif memberikan jaminan ketenagakerjaan bagi kader kesehatan.

Anggota DPRD Kota Pasuruan, Mochammad Machfudz dari Fraksi PKB, menjelaskan bahwa para kader kesehatan memiliki tanggung jawab besar. Seperti menjadi pelayan kesehatan, penyuluh kesehatan, penggerak masyarakat, pemantau kesehatan masyarakat, dan lainnya.

Machfudz menilai pentingnya jaminan atau asuransi kesehatan untuk ribuan kader kesehatan tersebut. Sebab, mereka juga berisiko alami kecelakaan kerja saat bertugas.

“Dengan menjadi peserta jaminan ketenagakerjaan, setiap kader kesehatan mendapat jaminan jika dalam bertugas mengalami kecelakaan kerja,” ungkap Machfudz, Selasa (12/12/2023).

Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf menyatakan, bahwa honor kader kesehatan akan mengalami kenaikan mulai tahun depan, dari Rp60 ribu menjadi Rp100 ribu.

Baca Juga :   Mas Adi Minta Penyedia Jasa Konstruksi Jaga Kualitas dan Kerja Sesuai SOPĀ 

Pria yang akrab dipanggil Gus Ipul itu, menegaskan bahwa peningkatan honor ini adalah bentuk apresiasi pemerintah kota terhadap kinerja para kader kesehatan. Dengan harapan dapat meningkatkan motivasi mereka dalam melayani masyarakat.

Dalam konteks jaminan ketenagakerjaan, Gus Ipul menyebut bahwa premi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan untuk kader kesehatan sudah dianggarkan.

“Meliputi program jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian,” tambah Sekjen PBNU tersebut. (tof/saw)