Jatuh saat Pandemi, Pengusaha Perempuan asal Bangil Ini Bangkit berkat Jual Sayuran

139
Rita Wahyunillah saat menjadi pembicara dalam diskusi Perempuan Bicara bersama Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan, Rias Yudikari Drastika, Kamis (14/12/2023).

Pasuruan (WartaBromo.com) – Seorang pengusaha perempuan asal Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan, berbagi cerita tentang jatuh bangun usahanya. Ia pernah jatuh karena pandemi, kini bangkit dengan membuka usaha sayur mayur.

Ia adalah Rita Wahyunillah. Rita membagikan ceritanya dalam diskusi Bolo Dewan Menyapa: Perempuan Bicara dengan tema ‘Berdaya dalam Politik dan Wirausaha’ yang digelar WartaBromo di Wisma Gaung, Kecamatan Grati, Kamis (14/12/2023).

Rita bercerita, sebelum pandemi Covid-19, ia memiliki pakaian yang sudah berjalan cukup lama dan memiliki 25 karyawan. Namun saat pandemi datang usahanya terdampak.

“Begitu kena Covid-19 langsung oleng. Tidak ada orang belanja baju. Di situ saya berpikir bagaimana karyawan saya. Akhirnya muncul ide apa yang masih dikonsumsi masyarakat,” kata Rita.

Baca Juga :   Diduga Terafiliasi Ideologi Terlarang, Yayasan di Rembang Diluruk Banser hingga Dua Pria Asal Tiris Carok | Koran Online 21 Ags

Dari situlah, Rita terpikir untuk membuka toko sayuran. Pada tahun 2020 Rita memulai usaha tersebut. Usahanya membuahkan hasil hingga saat ini.

“Sekarang alhamdulillah berjalan. Pelanggan sudah banyak. Karyawan saya beberapa adalah bapak-bapak dengan gaji UMR,” imbuh Rita.

Rita mengajak para perempuan untuk melihat peluang ekonomi yang tersedia. Ia menegaskan, penting bagi perempuan untuk berdaya dari segi finansial.

Menurutnya, dengan berdaya secara finansial, perempuan tidak lagi menggantungkan penghasilan suami, sehingga perempuan bisa memenuhi kebutuhannya sendiri.

“Yang kedua kita perempuan bisa berdampak. Berdampak pada ekonomi keluarga kita, kita sendiri, dan pada lingkungan sekitar kita. Artinya kita bisa turut memberdayakan perempuan di sekitar kita,” pungkas Rita. (tof/asd)