Fungsikan Hutan Kota Jadi Sentra UMKM

75

Kraksaan (WartaBromo.com) – Pemerintah Kabupaten Probolinggo membuka Hutan Kota Kraksaan sebagai pusat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Lokasinya yang berdekatan dengan Stadion Gelora Merdeka Kraksaan, Kota Kraksaan, Kabupaten Probolinggo membuatnya menjadi pusat dagangan UMKM. Menjadikannya tempat multifungsi yang bersih dan nyaman.

“Kita ingin di pusat stadion ini juga jadi pusat olahraga, keluarga, UMKM, pengajian, bakti sosial, perkemahan dan kegiatan lainnya,” sebut Pj Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto, Minggu (17/12/2023).

Ia menyatakan berupaya maksimal agar lahan di sekitar stadion dapat dimanfaatkan. Termasuk Hutan Kota yang kini menjadi pusat UMKM. Perbaikan dan penataan Hutan Kota Kraksaan secara bertahap pada 2024.

Baca Juga :   Polres Probolinggo Buru Penyerbu RSUD Waluyo Jati

“Hutan Kota Kraksaan ini tetap bersih dan bukan yang permanen. Nanti kita perbaiki sanitasinya sehingga pembuangan airnya agar selalu terjaga,” jelasnya.

UMKM di Hutan Kota menawarkan berbagai menu makanan dan minuman. Termasuk menu tradisional dan kekinian. Seperti wedang uwuh, nasi gudeg, dan nasi bakar. Harga yang kompetitif membuatnya dapat bersaing di pasaran.

Salah seorang pemilik UMKM, Selvi Agustin, mengucapkan terima kasih kepada Pj Bupati Ugas Irwanto atas peluang yang diberikan kepada pelaku UMKM untuk meningkatkan perekonomian. Ia juga berkomitmen untuk sosialisasi pengelolaan sampah kepada pembeli.

“Alhamdulilah semakin hari, semakin ramai, kita buka dari jam 9 pagi sampai jam 3 sore,” ujarnya. (saw/saw)