Jangan Minum Air Kelapa Kalau Kamu Masuk dalam Kriteria Ini!

339

Pasuruan (WartaBromo.com) – Selain memunculkan sensasi segar, air kelapa juga mengandung zat yang menyehatkan bagi tubuh. Namun, ternyata ada beberapa orang yang tidak boleh minum air kelapa.

Larangan ini karena pada orang-orang tertentu meminum air kelapa justru bisa memicu atau memperparah masalah kesehatan yang dialami. Tentunya sesuai dengan saran dokter dan ahli kesehatan.

Lantas, siapa saja orang yang tidak boleh minum air kelapa? Berikut dilansir dari kompas.com:

1. Orang yang Akan Menjalani Operasi

Sebaiknya, seseorang yang akan menjalani operasi menghindari minum air kelapa dalam periode yang dekat dengan waktu operasi.

Hal ini dikarenakan air kelapa dapat berpotensi mengganggu tekanan darah dan pengendalian gula darah selama serta setelah operasi.

Disarankan untuk menghentikan konsumsi air kelapa setidaknya dua minggu sebelum tanggal operasi.

2. Orang yang Menderita Gagal Ginjal

Orang yang tidak boleh minum air kelapa selanjutnya adalah yang menderita gagal ginjal. Pasalnya, air kelapa dapat memperburuk kondisi.

Menurut dokter urologi, kandungan potasium yang tinggi dalam air kelapa dapat menambah beban kerja pada ginjal.

3. Orang yang Rutin Mengkonsumsi Obat Antidiabetes

Bagi individu yang secara rutin mengonsumsi obat untuk diabetes atau antidiabetes, disarankan untuk menghindari mengonsumsi air kelapa bersamaan.

Penting untuk diperhatikan bahwa air kelapa dapat menyebabkan penurunan kadar gula darah, dan kombinasinya dengan obat diabetes dapat mengakibatkan penurunan gula darah yang berlebihan. (jun)