Yuk! Berkunjung ke Pasar Ikan Asap Legendaris Pasuruan, Cocok Untuk Oleh-oleh Libur Nataru

823

Beji (WartaBromo.com) – Libur Nataru menjadi momen bagi para wisatawan untuk berburu kuliner. Kurang afdol rasanya jika tidak berkunjung ke pasar di Desa Kedungboto, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan menyajikan kuliner ikan asap yang cocok untuk oleh-oleh liburan.

Pasar yang buka setiap hari ini sangat mudah untuk dijangkau. Berada tepat di tepi jalan Kedungboto atau 1,5 Km dari Jalan Raya Surabaya-Pasuruan. Selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah.

Terlihat ada sekitar 27 pedagang yang khusus berjualan ikan asap. Sebagian dari pedagang memiliki cerobong yang mengeluarkan asap.

Aroma khas ikan segar yang diasapi langsung menggugah selera saat didekati. Seperti Titik Nur Fatmawati, pembeli ikan asap yang tampak menikmati aroma gurih ikan.

Baca Juga :   Avanza Tabrak NMax di Jurang Ampel, 2 Korban Dikabarkan Meninggal

Kepada WartaBromo, ia mengaku sering mampir ke pasar tersebut. Titik mengatakan, rasa ikan asap di tempat ini memang beda. “Ikannya gurih dan rasanya juga sangat enak,” ungkap ia.

Titik juga menyebut jika berwisata kuliner di tempat ini sangat enak. Pasalnya, juga terdapat warung khusus dengan menu ikan asap.

Jika pas lapar, bisa langsung menyantap makanan dengan lauk ikan asap yang nikmat. “Harganya juga cocok, memang sering mampir kesini,” tuturnya dengan senyuman manis.

Diana, salah satu penjual ikan mengatakan, tersedia beberapa pilihan ikan asap yang siap dibawa pulang oleh wisatawan. Di antaranya patin, gurami, bandeng, mujair hingga nila.

“Pembeli juga bisa memilih ikan apa aja yang bisa diasap. Disini setiap hari juga ramai. Akhirnya pekan dan musim liburan tambah ramai,” ujarnya, Senin (25/12/2023).

Baca Juga :   Naik Level 3, Satgas Tak Beri Izin Stadion R. Soedrasono Jadi Tuan Rumah Liga 3

Menurutnya, pembeli di tempat ini bukan hanya warga sekitar dan dalam Pasuruan. Banyak pembeli dari luar daerah yang sengaja datang untuk berburu ikan asap.

“Dari Gresik, Mojokerto, Malang dan daerah lain di Jawa Timur, banyak yang mampir buat oleh-oleh,” terang Diana.

Untuk harga ikan asap di tempat ini relatif terjangkau. Antara lain gurami per dua ekor Rp 40.000, mujair 4-5 ekor Rp 30.000, patin per dua ekor Rp 28.000, hingga pepes patin Rp 10.000.

Gimana bolowarmo ? Tertarik untuk wisata kuliner ikan asap di pasar di Desa Kedungboto, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan. Ndang cuzzzz… (don/saw)