Ada Pria Top Up Pulsa 200 Ribu Pakai Sabun Cuci, Sejumlah Konter HP di Kota Pasuruan Kena Tipu

430

Pasuruan (WartaBromo.com) – Ada-ada saja modus pelaku penipuan di Kota Pasuruan. Seorang pelaku penipuan menukarkan sabun cuci pakaian dengan top pulsa senilai Rp 200 ribu di sejumlah konter.

Dalam rekaman CCTV yang viral di media sosial, nampak pelaku datang menggunakan sepeda motor matik hendak membeli top up dana senilai Rp 200 ribu di sebuah konter HP di Jalan Banda Utara, Kelurahan/Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan pada Minggu (24/12/2023) sekitar pukul 14.48 WIB.

Usai diisi oleh karyawan konter, pria tersebut berpura-pura lupa membawa dompet. Kemudian menukarkan sabun cuci yang sengaja dibawa pelaku.

“Dia nggak bayar, alasannya mau ngambil dompet ketinggalan di alfamart. Terus di ke sepeda ngambil sabun cuci piring dan pelembut pakaian dikasihkan,” kata Karina, salah satu karyawan di konter tersebut, Selasa (26/12/2023).

Baca Juga :   Terduga Teroris asal Bangil Baru 2 Bulan Pindah Rumah

Selain meninggalkan sabun cuci, pria tersebut kemudian juga membayar top up tersebut hanya dengan uang Rp6000 saja.

Untuk meyakinkan korban, pria itu juga menantang karyawan konter tersebut untuk memfoto dirinya. Kemudian menviralkan di medsos jika tidak membayar.

“Juga nyuruh foto, sama menviralkan CCTV kalau nggak membayar. Tapi dia juga bilang pasti membayar, jika tidak bisa diviralkan, kalau bayar mohon dihapus,” terangnya.

Namun, hingga kini pria tersebut tak kunjung datang dan membayar top up tersebut. “Sampe sekarang nggak kembali,” ujarnya.

Kejadian serupa juga dialami oleh Sholeh, pemilik konter di wilayah Pelabuhan Kota Pasuruan. Dengan modus yang sama, pria tersebut juga mengisi top up dana senilai Rp200 ribu. Namun, pria tersebut hanya mengasih sabun cuci piring sebagai jaminan.

Baca Juga :   Jual Cat Palsu ke Takmir Masjid, Pria Asal Gempol Diamankan Polisi

Menurut Sholeh, aksi penipuan itu terjadi pada Minggu (24/12/2023) sekitar pukul 15.00 WIB.

“Iya saya juga jadi korban, sama dengan video yang viral itu pelakunya. Modusnya sama meninggalkan sabun usai top up dana Rp200 ribu,” terangnya. (don/saw)