Bunda Harus Tahu, Ini 3 Hal yang Tidak Boleh Diajarkan Kepada Anak Usia Dini

221

Pasuruan (WartaBromo.com) – Sebagian besar orang tua jaman sekarang banyak mempelajari ilmu parenting melalui internet. Namun sayangnya, ada beberapa hal yang ternyata sebaiknya tidak boleh diajarkan kepada anak usia dini.

Dilansir dari detik.com, beberapa hal ini sebenarnya bukan dilarang melainkan ditunda lebih dulu sampai anak memasuki usia minimal. Tidak lain adalah agar lebih mudah memahami sesuai dengan kemampuan daya tangkapnya.

Lantas, apa saja hal-hal yang tidak boleh diajarkan kepada anak usia dini? Berikut diantaranya:

1. Calistung

Hal pertama yang tidak boleh diajarkan kepada anak usia dini adalah calistung alias baca, tulis, hitung. Ini sesuai dengan aturan dari kemdikbud.go.id.

“Masuk SD tidak boleh ada tes calistung, karena pendidikan di lembaga PAUD bukan untuk mengajarkan calistung,” ujar Sesjen Kemendikbud Didik Suhardi, dalam dialog dengan Bunda PAUD se-Sulawesi Selatan di Kota Makassar, Sulsel, Sabtu (16/2/2019).”

Baca Juga :   Akui Teledor, SMKN 1 Purwosari Perbaiki Mekanisme Penyerahan PIP

2. Perintah yang Bersifat Memaksa

Kebanyakan orang tua ataupun tenaga pendidik di ranah anak usia dini tak sadar bila menekankan anak untuk selalu menuruti perintah orang dewasa. Alhasil, sejak kecil anak terbiasa dengan perintah yang bersifat memaksa.

Nah, hal ini tentu saja tak boleh dilakukan kepada anak usia dini. Bila kita meminta anak melakukan sesuatu, hendaknya lakukan dengan metode ajakan atau menawarkan, biarkan anak memberikan pendapatan mereka lebih dulu.

3. Memarahi dengan Nada Tinggi

Hal yang tidak boleh dilakukan kepada anak usia dini selanjutnya adalah memarahi dengan nada tinggi. Kebiasaan ini secara tak sadar biasanya dilakukan oleh para ibu saat mengasuh anaknya seorang diri.

Baca Juga :   SPP Mencapai Rp 200 ribu, Siswa SMKN Rembang Demo

Nah, bila anak melakukan kesalahan usahakan untuk menegurnya dengan baik dan berikan arahan tentang bagaimana melakukannya dengan benar. Dengan begitu maka anak usia dini akan lebih mudah memahami sesuatu hal. (jun)