Jalur Wisata Madakaripura Ambrol Pasca Diguyur Hujan

83

Lumbang (WartaBromo.com) – Pasca diguyur hujan deras, jalur setapak penghubung wisata Air Terjun Madakaripura di Lumbang, Kabupaten Probolinggo, ambrol. Kunjungan ke lokasi pertapaan Patih Majapahit Gajah Mada tersebut, kini ditutup.

Sebuah video amatir dari seorang warga, terekam pada 28 Januari 2024, sekitar pukul 05.39 WIB, memperlihatkan kondisi jalur setapak menuju Air Terjun Madakaripura yang terputus. “Jalannya putus, untuk menuju area Madakaripura,” ungkap perekam video.

Dalam video berdurasi 33 detik tersebut, terlihat jalur setapak setelah jembatan sling baja warna merah mengalami ambrol dan terputus. Lokasi tersebut berjarak sekitar 500 meter dari pintu masuk jalan setapak.

Jalur yang putus itu tampak luruh, hanya tersisa tebing hingga ke bawah. Material longsor diduga telah tergerus air. “Iya benar longsor,” kata Zainul, warga setempat melalui pesan singkat WhatsApp.

Baca Juga :   Tarik Ulur Antara KPU, Bawaslu, dan Pemkot Probolinggo Terkait Dana Hibah Pemilu 2024

Melihat kondisi dari video amatir yang beredar, jalur setapak menuju Air Terjun Madakaripura benar-benar terputus karena longsor. Sebab lokasi jalan yang longsor menempel pada tebing.

Kondisi itu, membuat lokasi wisata tersebut ditutup. “Iya betul (ada jalan setapak longsor), kini Madakaripura ditutup sementara,” ujar Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Probolinggo, Bambang Hari Wahyudi. (lai/saw)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.