Ini 3 Penyebab Sering Buang Air Kecil yang Harus Diwaspadai

178

Pasuruan (WartaBromo.com) – Ada yang pernah atau sedang merasa ingin buang air kecil di rentang waktu yang berdekatan? Sebaiknya segera cari tahu penyebab sering buang air kecil agar Bolo bisa segera mengatasinya.

Dilansir dari siloamhospitals.com,

Buang air kecil merupakan proses pengeluaran urine dari kandung kemih yang dilakukan untuk membuang sisa metabolisme dalam tubuh. Frekuensi seseorang dalam melakukan buang air kecil cenderung beragam.

Namun, frekuensi buang air kecil yang terlalu sering bisa jadi indikasi dari kondisi medis tertentu. Lantas, apa penyebab sering buang air kecil?.

1. Infeksi Saluran Kemih

Salah satu penyebab paling umum dari kebiasaan buang air kecil yang sering adalah infeksi saluran kemih. Infeksi bakteri ini mengakibatkan kandung kemih kehilangan kemampuannya untuk menahan urine secara normal.

Selain pola buang air kecil yang meningkat, gejala infeksi saluran kemih mencakup nyeri di perut bagian bawah, demam, sensasi panas dan nyeri saat buang air kecil, serta urine berbau menyengat.

2. Pembengkakan Prostat

Pembengkakan prostat adalah penyebab sering buang air kecil yang terjadi pada pria. Pembengkakan prostat akan membuat saluran kemih atau uretra tertekan sehingga membuat dinding kandung kemih menjadi sensitif.

Hal tersebut membuat kandung kemih mudah untuk melakukan kontraksi walaupun urine yang ditampung masih berjumlah sedikit.

3. Kandung Kemih Overaktif

Overactive bladder atau kandung kemih yang overaktif adalah kondisi medis di mana kandung kemih tidak dapat menahan urine untuk jangka waktu yang lama.

Kondisi ini terjadi karena gangguan dalam pengiriman sinyal otak yang menyebabkan kontraksi otot kandung kemih dan pengeluaran urine, meskipun kandung kemih sebenarnya belum penuh.

Bahkan, pada kasus yang parah, kandung kemih overaktif dapat menyebabkan keluarnya urine tanpa disadari oleh penderitanya. (jun)