Apa Kabar Bakal Calon Bupati Probolinggo di Pileg 2024

2287

Probolinggo (WartaBromo.com) – sejumlah tokoh menjadi sorotan sebagai bakal calon Bupati Probolinggo menjelang Pilbup atau Pilkada 2024. Dari nama-nama yang mencuat, beberapa di antaranya tengah berjuang dalam kontestasi pemilihan legislatif (pileg) 2024.

Para kandidat yang menjadi perbincangan hangat di tengah masyarakat adalah Gus dr. Moh. Haris Damanhuri, mantan Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin, dan mantan Calon Bupati Probolinggo Abdul Malik Haramain.

Selain mereka, ada pula anggota DPRD Jatim Mahdi, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Oka Mahendra Jatikusuma, dan Zulmi Noor Hasani, putra dari mantan Bupati Probolinggo Hasan Aminuddin.

Dua di antara mereka tidak turut serta dalam Pileg 2024, sementara empat nama lainnya aktif dalam kontestasi politik tersebut. Berikut adalah perkembangan terbaru dari 4 kandidat tersebut, hingga 23 Februari 2024 pukul 19.00 :

Baca Juga :   Enam Ribu Warga Divaksin Massal

1. Abdul Malik Haramain
Abdul Malik Haramain, politisi PKB dan mantan anggota DPR RI. Pada Pilkada 2018 lalu, Malik menjadi calon bupati (Cabup) Probolinggo berpasangan dengan Muhammad Muzayyan, sebagai Cawabup Probolinggo.

Saat ini menjadi caleg DPR RI dari PKB di Dapil 2 Jatim, yang mencakup Pasuruan dan Probolinggo. Perolehan Ketua DPC PKB Kabupaten Probolinggo itu, sebanyak 28.382 suara.

2. Mahdi
Mahdi, Ketua DPC PPP Kabupaten Probolinggo, yang telah lama membidik kursi Bupati Probolinggo. Gencar mencitrakan diri sebagai Calon Bupati Probolinggo, lewat banner maupun visual di media sosial.

Ketua DPC PPP Kabupaten Probolinggo itu, tengah membidik periode ketiga di DPRD Jatim. Saat ini mencatatkan suara sebanyak 34.303 suara di Dapil 3 Jatim (Pasuruan – Probolinggo).

Baca Juga :   Link Palsu Kuras Tabungan Guru Bangil hingga SILPA APBD Kabupaten Pasuruan Capai Rp372 Miliar | Koran Online 14 Jun

3. Oka Mahendra Jatikusuma
Oka Mahendra Jatikusuma merupakan Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Probolinggo. Beberapa waktu lalu mendapat rekomendasi dari DPP Partai Golkar sebagai bakal calon bupati (bacabup) Kabupaten Probolinggo bersama 2 nama lainnya. Yakni Gus dr Moh. Haris Damanhuri dan Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto.

Pada Pemilu 2024, Oka kembali berjuang sebagai caleg tingkat kabupaten dari Dapil 2 (Paiton, Kotaanyar, Pakuniran) untuk periode ketiga. Dengan perolehan suara sebanyak 3.421 hingga 23 Februari 2024.

4. Zulmi Noor Hasani
Zulmi Noor Hasani, anak kedua dari mantan Bupati Probolinggo Hasan Aminuddin. Digadang-gadang bakal menjadi suksesor bapaknya.

Di helatan pesta demokrasi lima tahunan ini, Zulmi maju sebagai caleg PDIP di tingkat kabupaten. Bertarung di Dapil 1 (Kraksaan, Besuk, Gading), berhasil mengumpulkan dukungan sebanyak 315 suara hingga waktu yang sama.

Baca Juga :   Bus DPRD Kota Surabaya Tabrak Truk di Tol Grati hingga Patung Ganesha Raib Dicuri | Koran Online 19 Mei

Perolehan suara ini bersumber dari pemilu2024.kpu.go.id. Harap dicatat, KPU menyatakan bahwa publikasi Form Model C/D adalah hasil penghitungan suara di TPS dengan tujuan untuk memudahkan akses informasi publik.

Hasil yang ditampilkan di situs KPU, merupakan hitungan langsung alias real count, tapi bukan hasil akhir Pemilu 2024. Sebab, saat ini proses penghitungan suara masih berlangsung secara berjenjang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. (saw)