Tidak Banyak orang Tahu! Inilah Sunnah Doa Setelah Buka Puasa

88

Pasuruan (WartaBromo.com) – Bulan Ramadan adalah waktu yang istimewa bagi umat Islam, di mana setiap amalan dan doa memiliki nilai ibadah yang luar biasa. Namun, terkadang amalan sunnah yang sebenarnya sederhana masih sering terlewatkan, salah satunya adalah doa setelah berbuka puasa.

Berikut adalah do’a setelah buka puasa beserta artinya yang wajib bolo tahu:

اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ العُرُوقُ وَثَبَتَ الْأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ تَعَالَى

Artinya: Ya Allah, untuk-Mulah aku berpuasa, atas rezekimulah aku berbuka. Telah sirna rasa dahaga, urat-urat telah basah, dan (semoga) pahala telah ditetapkan, insyaaallah.

Tetapi, pertanyaan yang seringkali timbul adalah apakah pembacaan ini sebaiknya dilakukan sebelum atau sesudah waktu berbuka puasa?.

Baca Juga :   Keutamaan 'Nderek' Sabda Nabi

Nah, diambil dari salah satu landasan yang dijelaskan pada kitab Hasyiyah I’anah at-Thalibin dalam menetapkan tempat membaca doa berbuka puasa adalah ketika doa tersebut diucapkan setelah selesai berbuka puasa.

Doa setelah berbuka puasa menjadi wujud syukur dan tawakkal kepada Allah SWT. Dengan merenungkan maknanya, kita mengakui nikmat berbuka puasa dan rezeki yang telah diberikan oleh-Nya.

Doa ini menjadi kebiasaan yang seharusnya tidak luput dari perhatian, mengingat pentingnya dalam mengukuhkan koneksi spiritual dan meningkatkan kesadaran diri.

Jadi, disarankan untuk membaca doa berbuka puasa setelah kita selesai berbuka. Hal ini bertujuan agar kita dapat mencapai kesempurnaan dalam melaksanakan sunnah dalam membaca doa.

Baca Juga :   Kisah Perjalanan Tiktoker Kristen Jakarta - Banyuwangi, Sempat Dikira Muslim dan Ikut Sahur

Melihat puasa sudah di depan mata, Bolo Warmo harus mempersiapkan semuanya. Mari kita menjalani Ramadan dengan penuh kebersyukuran, ketaatan, dan kedekatan kepada Allah SWT. (mga/jun)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.