Kemasan Penyok dan Makanan Babi Bercampur Makanan Halal Ditemukan di Kota Probolinggo

145

Probolinggo (WartaBromo.com) – Pemerintah Kota Probolinggo melakukan inspeksi mendadak terhadap makanan dan minuman di sejumlah swalayan di Kota Probolinggo pada Rabu (20/3/24).

Hasilnya, petugas menemukan kemasan penyok dan makanan yang mengandung babi bercampur dengan makanan halal.

Dalam sidak tersebut, petugas secara intensif memeriksa makanan ringan hingga parcel, dengan fokus pada tanggal kedaluwarsa, tanggal produksi, komposisi, dan kondisi kemasan.

Ditemukan ketika beberapa kemasan makanan teridentifikasi penyok. Sementara ada makanan yang mengandung babi namun ditempatkan bersama dengan makanan halal.

Meskipun tidak ditemukan makanan yang sudah kadaluwarsa, temuan tersebut tetap menjadi perhatian serius. Mamin bermasalah didata dan diganti dengan yang baru sesuai syarat yang ditetapkan petugas.

Baca Juga :   Koran Online 20 Feb: Sandiaga Disambut Baliho Pendukung Jokowi hingga Habib Abu Bakar dan Taufik Assegaf

Pemilik swalayan diberikan arahan langsung untuk lebih teliti dalam memeriksa produk yang dijual.

Asisten Pemerintahan Pemkot Probolinggo, Madihah, menegaskan bahwa langkah selanjutnya adalah memberikan pembinaan dan peringatan kepada swalayan yang terlibat.

“Sidak kali ini menyasar tiga swalayan besar di Kota Probolinggo yang sering didatangi oleh masyarakat untuk berbelanja kebutuhan,” ungkap Madihah.

Sidak terhadap mamin ini masih akan berlanjut, dengan menyasar pasar tradisional di Kota Probolinggo dalam beberapa hari ke depan. Hal ini dilakukan dalam rangka pembinaan serta pemantauan ketersediaan pangan bagi warga Kota Probolinggo menjelang Idul Fitri. (lai/saw)