Polres Probolinggo Berdayakan 16 Kamera Pengawas Pantau Arus Mudik

37

Probolinggo (WartaBromo.com) – Satlantas Polres Probolinggo mengandalkan belasan kamera pengawas dalam mengamankan dan memperlancar arus lalu lintas saat mudik Idul Fitri 2024.

Setidaknya 16 kamera pengawas tersebar di beberapa titik jalur selatan dan pantura Kabupaten Probolinggo. Belasan kamera tersebut, dapat dipantau di monitor Traffic Management Center (TMC) yang berada di Pos Lantas Gending.

“Monitor TMC ini terhubung pada kamera yang tersebar di 16 titik, baik di jalur selatan atau pantura. Di mana fungsinya, memantau kepadatan arus lalu lintas atau adanya kejadian,” tutur Kasat Lantas Polres Probolinggo, AKP Karnoto, Rabu (3/4/2024).

Apabila terjadi kepadatan atau kejadian, monitor TMC akan menampilkan simbol warna merah. “Sehingga petugas dapat segera merespons untuk mengurai kemacetan atau kejadian lainnya,” terang perwira asal Tulungagung itu.

Baca Juga :   Sidak ASN Hari Pertama Masuk Kerja hingga 1000 Orang Naik dari Stasiun Bangil Tiap Hari | Koran Online 27 Apr

Pos Lantas Gending akan mulai difungsikan pada Kamis, 4 April 2024, untuk memastikan kelancaran arus mudik lebaran. Kesiapan pos yang terletak di area exit Tol Gending itu, dicek oleh Kapolres Probolinggo, AKBP Wisnu Wardana Selasa sore.

Karnoto juga menyebutkan bahwa volume kendaraan arus mudik lebaran di Kabupaten Probolinggo diprediksi akan meningkat mulai 4 April 2024. Dengan puncaknya diperkirakan terjadi pada 8 dan 9 April 2024, menjelang Hari Raya Idul Fitri 2024.

“Sejumlah petugas dari berbagai unsur, termasuk Dishub, TNI, Dinas Kesehatan, Pramuka, dan lainnya, akan berjaga di pos lantas tersebut,” tandas Karnoto. (aly/saw)