Jelang Lebaran, Warga Pasuruan “Rombongan” ke Kantor Pegadaian

293
Jelang Lebaran, Warga Pasuruan

Pasuruan (WartaBromo.com) – Jelang perayaan Lebaran, warga Pasuruan beramai-ramai mendatangi Kantor Pegadaian pada Kamis (4/4/2024). Kali ini, ratusan warga itu datang untuk menebus perhiasan yang mereka gadai.

Diketahui, upaya itu dilakukan guna mempersiapkan diri untuk menyambut hari raya yang akan datang. Beberapa warga bahkan menggadaikan perhiasan untuk memenuhi kebutuhan Lebaran mendatang.

“Iya ini nebus perhiasan untuk dipakai saat lebaran,” kata Mimin Maskluka, warga Blandongan, Kota Pasuruan.

Nanang Siswanto, Kepala Cabang Pegadaian mengatakan, sejak seminggu menjelang Lebaran, Kantor Pegadaian Pasuruan ramai didatangi oleh warga yang akan menebus perhiasan yang mereka gadai.

“Perhiasan seperti kalung, cincin, gelang, dan lainnya menjadi incaran untuk ditebus,” kata Nanang.

Tradisi mengeksekusi perhiasan ini biasanya dilakukan oleh warga seminggu sebelum Lebaran tiba. Menurut data dari Kantor Pegadaian, jumlah warga yang menebus perhiasan mengalami lonjakan tiga kali lipat dari hari-hari sebelumnya.

Dalam sehari, pegadaian bisa mengeluarkan uang Rp500 juta hingga Rp700 juta. Dari kondisi normal sebelumnya yang hanya sekitar Rp300 juta-an.

“Jumlah uang yang dikeluarkan untuk pelunasan tebusan perhiasan juga meningkat drastis, bisa mencapai Rp7 miliar hingga lebaran,” terangnya.

Menurutnya, peningkatan tersebut terjadi karena warga yang ingin mempersiapkan perhiasan untuk digunakan selama Lebaran dalam kegiatan bersilaturahmi dengan sanak saudara dan tetangga.

Bukan hanya tebus perhiasan, beberapa warga juga memilih untuk menggadaikan perhiasan mereka untuk mendapatkan uang tunai. Tujuannya untuk membeli kebutuhan Lebaran seperti baju baru dan perlengkapan lainnya. Tradisi ini menjadi bagian dari persiapan menyambut Lebaran bagi masyarakat Pasuruan. (don/may)