PLN Indonesia Power UBP Grati Bangkitkan Aerasi Keramba UMKM dengan Solar Cell

70
Pokdakan Mina Makmur : Kelompok binaan CSR PLN Indonesia Power yang terus bersemangat mengembangkan budidaya ikan yang ramah lingkungan

Pasuruan (WartaBromo.com) – PLN Indonesia Power UBP Grati menandai langkah revolusioner dalam pemanfaatan energi terbarukan. Yakni dengan memperkenalkan penggunaan solar cell untuk menghidupkan aerator pada keramba UMKM di Desa Ranuklindungan, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan.

Inovasi ini menjadi bagian dari upaya PLN Indonesia Power UBP Grati dalam mendukung pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di daerah setempat, khususnya Pokdakan Minamakmur.

Dengan memanfaatkan teknologi solar cell, PLN Indonesia Power UBP Grati mampu menyediakan sumber daya energi yang berkelanjutan untuk mengoperasikan aerator pada keramba UMKM.

Hal ini tidak hanya membantu menjaga kualitas air di sekitar keramba, tetapi juga meningkatkan produktivitas budidaya ikan bagi para mitra binaan PLN Indonesia Power UBP Grati.

Solar cell untuk aerator keramba Pokdakan (Kelompok Budidaya Ikan) Mina Makmur mitra binaan PLN Indonesia Power UBP Grati

Fuji Setianto selaku Assistant Manager Keamanan dan Humas PLN Indonesia Power UBP Grati mengatakan,

“Kami sangat bangga dapat menjadi bagian dari pengembangan UMKM lokal melalui pemanfaatan energi terbarukan. Inovasi ini bukan hanya tentang memanfaatkan teknologi canggih, tetapi juga tentang memberdayakan masyarakat setempat untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan”.

Selain itu, langkah ini juga sejalan dengan komitmen PLN Indonesia Power UBP Grati dalam mendukung program pemerintah untuk mengurangi ketergantungan pada energi fosil dan beralih ke sumber daya energi yang ramah lingkungan.

Dengan adanya inovasi ini, diharapkan UMKM di sekitar Desa Ranuklindungan akan semakin berkembang dan mampu bersaing di pasar global dengan tetap memperhatikan keberlanjutan lingkungan. (day/**)