Sinergi Multipihak untuk Pembangunan Berkelanjutan di Kabupaten Probolinggo

48

Paiton (WartaBromo.com) – Pembangunan berkelanjutan pada sektor energi dan kelestarian alam menjadi isu penting di Kabupaten Probolinggo. Sinergi multipihak, termasuk dukungan wartawan, menjadi kunci utama.

Chief Financial Officer PT Paiton Energy, Bayu Widianto, menekankan peran penting wartawan dalam membentuk sinergi untuk mendukung pembangunan berkelanjutan. Hal itu ia ungkapkan dalam acara Halal Bihalal yang diadakan oleh PT Paiton Energy dan PT POMI bersama wartawan Probolinggo, Rabu (8/5/2024).

“Dalam program CSR PE-POMI, wartawan memiliki peran penting dalam menjalin sinergi untuk mendukung terwujudnya pembangunan yang berkelanjutan, dan merupakan bagian integral dari pentahelix yang melibatkan pemerintah, masyarakat, akademisi, pelaku usaha, dan media,” ucapnya.

Sementara itu, President Director PT POMI, Sugiyanto, memaparkan dukungan perusahaan dalam pembangunan hutan Kota Kraksaan. Serta pengembangan perhutanan sosial di Desa Kaliacar dan Ranu Wurung, Kecamatan Gading.

Baca Juga :   Viral Bungkusan Berbentuk Pocong di Kuburan Sungging hingga Warga Bisa Gagal Berlibur Meski Rapid Test Antigen Negatif | Koran Online 22 Des

“Upaya ini meliputi penanaman 54.000 pohon gamal pada 12 hektar lahan perhutanan sosial untuk mendukung pemulihan lingkungan,” kata Sugiyanto.

Lebih lanjut, pihaknya kata Sugiyanto menjajaki kerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) serta Fakultas Kehutanan UGM untuk Program Perhutanan Sosial, khususnya dalam rehabilitasi hutan di Jawa.

“Tujuannya adalah meningkatkan daya dukung dan daya tampung hutan guna mendukung pembangunan berkelanjutan di Pulau Jawa,” ungkap ia.

Inisiatif perusahaan dalam menjaga kelestarian lingkungan dan memberdayakan masyarakat melalui skema perhutanan sosial mendapat apresiasi dari wartawan Probolinggo.

Taufik Jumaan, wartawan senior, menyatakan bahwa hal ini dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang isu-isu lingkungan dan keberlanjutan. “Serta memperkuat hubungan antara media dan perusahaan,” ujarnya.

Baca Juga :   Ibu-Anak Tewas Diserondol Avanza, hingga Pemicu Warga Tutur Ngamuk Buang Sampah di Jalanan | Koran Online 4 April

Tidak hanya menghadirkan diskusi serius, acara Halal Bihalal juga diwarnai dengan kegiatan kompetisi tenis meja “Paiton bErsiNERGY Cup: Sinergi Silaturahmi yang Harmoni” yang melibatkan para jurnalis dan perwakilan dari PE-POMI.

Acara tersebut menjadi momentum penting dalam memperkuat kolaborasi antarpihak untuk mencapai pembangunan yang berkelanjutan di Kabupaten Probolinggo. (saw)