Omah Maggot UMKM Mitra Binaan PLN Indonesia Power UBP Grati Mengubah Sampah Menjadi Peluang

52
Gerakkan Pemuda untuk pengembangan usaha budidaya maggot dengan perawatan terbaik

Pasuruan (WartaBromo.com) – Dalam upaya mendorong program berkelanjutan dan mengurangi dampak lingkungan negatif, Omah Maggot di Desa Ranuklindungan – sebuah UMKM yang didukung oleh PLN Indonesia Power UBP Grati telah berhasil mengubah sampah organik menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Dengan memanfaatkan sampah rumah tangga sebagai bahan baku utama, Omah Maggot kini membudidayakan larva maggot yang dijual ke sektor perikanan di Pasuruan.

Omah Maggot yang merupakan salah satu mitra binaan PLN Indonesia Power UBP Grati telah menunjukkan dedikasi yang luar biasa dalam memanfaatkan sumber daya untuk menghasilkan produk bernilai tinggi.

Dengan menerima sampah sisa makanan dari warga setempat, Omah Maggot tidak hanya membantu mengurangi jumlah sampah yang berakhir di tempat pembuangan akhir, tetapi juga menciptakan solusi inovatif untuk mendaur ulang limbah organik menjadi sumber pakan maggot.

“Saat ini, masalah sampah merupakan tantangan yang dihadapi oleh banyak komunitas di seluruh Indonesia. Kami percaya bahwa setiap sampah dapat menjadi peluang baru,” kata Officer Community Development PLN Indonesia Power UBP Grati, Akhmad Khayubi.

“Dengan menerima dan mengolah sampah organik, Omah Maggot berhasil membudidayakan magot yang memiliki nilai ekonomi dan juga membantu menjaga lingkungan,” imbuhnya.

Magot yang dihasilkan oleh Omah Maggot memiliki nilai gizi tinggi dan sangat diminati oleh industri perikanan di Pasuruan dan sekitarnya. Para petani ikan mengakui kualitas maggot sebagai pakan yang sangat baik bagi pertumbuhan ikan mereka.

Hasil maggot yang dibudidayakan dengan memanfaatkan sampah rumah tangga.

Selain itu, inisiatif ini juga membuka peluang baru bagi masyarakat untuk terlibat dalam praktik ramah lingkungan dan berkelanjutan.

“Ini adalah contoh nyata bagaimana kemitraan antara sektor industri dan masyarakat dapat menciptakan dampak positif yang signifikan dalam perlindungan lingkungan dan pengembangan ekonomi lokal,” kata Asisstant Manager Keamanan dan Humas PLN Indonesia Power UBP Grati, Fuji Setianto. “Kami berkomitmen untuk terus mendukung inovasi-inovasi seperti Omah Maggot dalam upaya bersama membangun masa depan yang berkelanjutan bagi generasi mendatang”.

Omah Maggot adalah salah satu contoh nyata dari bagaimana pengusaha muda dapat memanfaatkan sumber daya lokal untuk menciptakan solusi yang inovatif dan berkelanjutan.

Dengan terus mengembangkan model bisnisnya, Omah Maggot tidak hanya memberikan manfaat ekonomi bagi komunitas lokal, tetapi juga memberikan kontribusi yang berarti dalam menjaga keberlanjutan lingkungan. (day/**)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.