Membangun Generasi Sehat, Masjid Nurul Aziz Perangi Stunting Melalui Daging Kurban

74

Probolinggo (WartaBromo.com) – Takmir Masjid Nurul Aziz di Desa Alassumur Lor, Kecamatan Besuk, Kabupaten Probolinggo, menunjukkan komitmen mereka dalam memenuhi kebutuhan gizi masyarakat kurang mampu.

Pada perayaan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriyah, Senin (17/6/2024), masjid ini mendistribusikan 800 paket daging kurban kepada warga. Setiap paket daging kurban yang dibagikan berisi hampir 1 kilogram daging sapi atau kambing, lengkap dengan tulang dan jeroan.

Distribusi dilakukan dengan menggunakan sistem kupon untuk memastikan ketertiban dan pemerataan. Sehingga tidak ada penerima ganda dalam satu keluarga.

Daging kurban didistribusikan kepada warga sekitar masjid, kaum dhuafa, dan fakir miskin. Serta guru-guru yang mengajar di Yayasan Pendidikan Islam Hidmatul Hikam.

Baca Juga :   Ada Intimidasi, Mahfud MD Ajak Ulama Tapal Kuda dan Madura Pertahankan Nurani dalam Pemilihan 2024

“Tentunya kami juga berkomitmen agar asupan gizi hewani semua masyarakat terpenuhi, yang berkontribusi pada pencegahan kasus stunting di desa ini,” ungkap Sekretaris Takmir Masjid Nurul Aziz, S. Adi Wardhana.

Pada tahun ini, Masjid Nurul Aziz menerima 6 ekor hewan kurban yang terdiri dari tiga ekor sapi dan tiga ekor kambing. Hewan-hewan kurban ini disumbangkan oleh para dermawan, yakni Ibu Suryo, Ibu Hasyim, Hj. Rahma, dan Ibu Sipol.

Proses penyembelihan dan pembagian daging dilakukan dengan melibatkan warga sekitar secara gotong royong, yang tidak hanya mempercepat pekerjaan tetapi juga mempererat hubungan sosial di antara mereka.

“Alhamdulillah, tahun ini ada peningkatan dalam jumlah hewan kurban yang kami terima. Ini memungkinkan kami untuk memperluas jangkauan penerima daging kurban,” tandas seorang pegiat Nahdlatul Ulama (NU).

Baca Juga :   Pemancing Tewas Mendadak di Pantai Mayangan

Takmir Masjid Nurul Aziz berharap kegiatan ini dapat membantu masyarakat yang membutuhkan, serta mempererat tali silaturahmi antar warga desa.

Mereka berharap dapat memberikan manfaat yang lebih luas bagi masyarakat sekitar di tahun-tahun mendatang. (saw)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.