PKS Rekomendasikan Gus Haris, Bagaimana Sikap Partai Koalisi

129

Probolinggo (WartaBromo.com) – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menjadi yang pertama secara resmi merekomendasikan dr. Muhammad Haris Damanhuri Romli sebagai calon dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pemilukada) Kabupaten Probolinggo, Senin (24/6/2024).

Langkah ini membuka jalan bagi Gus Haris untuk mengamankan posisi Bupati Probolinggo, tetapi bagaimana sikap koalisi yang mengusungnya?

Dukungan untuk Gus Haris juga datang dari partai-partai lain yang memiliki kursi di DPRD Kabupaten, termasuk Golkar, PPP, dan Gerindra. Namun, belum ada partai selain PKS yang mengeluarkan rekomendasi resmi.

Partai Gerindra, tempat asal Gus Haris, sedang dalam proses memperoleh rekomendasi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerindra Kabupaten Probolinggo, Muhammad Zubaidi, menyatakan bahwa pengajuan rekomendasi telah disampaikan ke Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Jawa Timur untuk diteruskan ke DPP.

Baca Juga :   Serius Maju Pilbup Probolinggo, Zulmi Kembalikan Formulir ke PDIP

“Kemarin kami sudah Rapimcab, pengajuan rekomendasi sudah kami sampaikan ke DPD Jatim untuk kemudian diteruskan ke DPP,” kata Zubaidi, yang juga mantan Ketua KPU Kabupaten Probolinggo.

Sementara itu, Ketua DPD Golkar Kabupaten Probolinggo, Oka Mahendra Jati Kusuma, menegaskan dukungan lisan partainya untuk Gus Haris. Meski begitu, rekomendasi resmi menunggu kepastian calon pendamping yang akan dipilih Gus Haris.

“Golkar, baik di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, maupun pusat, secara lisan sudah pasti mendukung Gus Haris. Namun untuk rekomendasi, kami menunggu kepastian siapa pendampingnya,” jelas Oka.

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) juga menunjukkan komitmen mereka untuk mendukung Gus Haris. Ketua DPC PPP Kabupaten Probolinggo, Habib Mahdi, menyebut partainya akan memproses rekomendasi setelah ada kesepakatan mengenai calon wakil bupati.

Baca Juga :   Ketua DPD Golkar Intensifkan Safari Politik Cari Dukungan Calon Wali Kota Probolinggo

“Untuk rekomendasi akan segera kami proses setelah Gus Haris dan partai koalisi duduk bersama dan mencapai kesepakatan tentang siapa wakilnya,” ungkap Mahdi, yang juga anggota DPRD Provinsi Jawa Timur.

Dengan berbagai partai koalisi yang menyatakan dukungan mereka, posisi Gus Haris sebagai calon bupati Kabupaten Probolinggo semakin kuat di Pilkada 2024.

Keputusan final mengenai rekomendasi dari partai-partai tersebut, kini tinggal menunggu kepastian terkait calon wakil bupati yang akan mendampingi Gus Haris. (aly/saw)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.