Lahan Milik Pemkab Terbakar, Warga Panik

239
Foto : Ilustrasi/wartabromo.com

Gempol (wartabromo) – Sekitar 3 hektarĀ  padang ilalang di atas lahan kosong milik Pemkab Pasuruan yang berada di belakang pabrik PT Surya Nusa Abadi (SNA) Gempol terbakar dan membuat panik pemilik pabrik serta warga yang tinggal di kawasan tersebut, Selasa (9/10/2012) siang.

Akibatnya, sekitar 8 unit mobil pemadam kebakaran dari Pemkab Sidoarjo maupun Pasuruan terpaksa dikerahkan untuk memadamkan api.

Tak hanya itu, warga yang ketakutan akibat kobaran api terlihat bersiap untuk mengamankan barang-barang berharga. Mereka khawatir api tak bisa dikendalikan dan merembet ke pemukiman warga padat penduduk terutama yang tinggal di Desa Gempol Joyo tersebut.

Dari hasil informasi yang didapatkan wartabromo, kobaran api yang menimbulkan asap putih itu pun mengganggu pengguna jalan yang melaju dari arah Gempol- Pasuruan sehingga sempat menimbulkan kemacetan untuk beberapa jam.

“Pedih di mata mas,” ujar salah seorang pengguna jalan yang kebetulan lewat.

Proses pemadaman api sendiri berjalan cukup lama, kondisi panas yang cukup menyengat serta ilalang yang mudah terbakar membuat petugas harus berjibaku untuk memadamkan api.

Hingga pukul 16.30 wib, sore ini, pihak petugas masih terus melakukan pembasahan agar api lekas padam dan membuat warga maupun pihak Pabrik PT SNA kembali tenang dan tidak khawatir lagi.

Untuk diketahui, Lahan kosong yang ditumbuhi ilalalang tersebut adalah milik Pemkab Pasuruan yang tidak dimanfaatkan atau dibiarkan kosong. Meski demikian belum diketahui pasti penyebab terjadinya kebakaran tersebut. (yog/yog)