Kampanye Via Facebook Jelang Pilkada 2013

0
139

Pasuruan (WartaBromo) – Sejumlah nama jelang Pilkada 2013 mulai bermunculan seiring dengan banyaknya media sosial maupun media publikasi yang bisa dimanfaatkan untuk menjadi jembatan komunikasi paling efektif mengenalkan diri pada masyarakat.

Situs jejaring sosial facebook pun mulai ramai dengan grup-grup baru yang sengaja dibuat untuk meramaikan bahkan menjaring para calon pendukungnya. Sejumlah grup sosial besutan facebook tersebut kini mulai aktif membicarakan jelang Pilkada 2013 antara lain Menuju pendopo dengan alamat URL http://www.facebook.com/#!/groups/menuju.pendopo/. Grup ini memiliki anggota sekitar 423 orang yang selalu ikut nibrung baik sebagai anggota aktif dengan mengupload foto, menulis di dinding grup atau berkomentar terhadap status yang dibuat admin maupun hanya sekedar menjadi bagian grup namun jarang ikut berperan aktif didalamnya.

Selain memiliki akun grup, Menuju pendopo juga menjadi akun pribadi yang selalu menjadi sasaran sejumlah pendukung untuk mempromosikan diri di dindingnya. Seperti yang dilakukan oleh akun pribadi dengan nama profil Heru Darma yang mengupload sebuah baju dengan tulisan “GARUDA MAS For H.M Ichdar Supi’i Menuju Bupati 2013”.

Foto yang di-tag dan diupload pada 28 oktober 2011 dan di-share ke publik tersebut, langsung mendapatkan banyak komentar dari teman Menuju pendopo, salah satunya dikomentari oleh akun bernama Ichdar Supi’i sendiri. Lelaki dengan akun tersebut tampak begitu bangga dengan foto yang diupload Hari Darma. Lebih lengkap silahkan kunjungi alamat berikut http://www.facebook.com/groups/menuju.pendopo/#!/photo.php?fbid=280020848696443&set=t.100000232628261&type=1&theater .

Selain Menuju pendopo terdapat pula Grup Siapa calon Bupati Pasruan 2013….? dengan alamat URL http://www.facebook.com/#!/groups/218306368184829/ .Grup tersebut sudah memiliki anggota sebanyak 347 orang dan ramai menjadi ajang penumpahan opini dan wacana jelang pilkada 2013.

Situs jejaring facebook agaknya memang cukup digandrungi oleh banyak kalangan termasuk di Kabupaten Pasuruan. Tak hanya orang biasa namun para pejabat pun hampir terlihat aktif menggunakanya sebagai sarana atau media sosial efektif terutama dalam rangka menjalin silaturahmi dengan sahabat, relasi bisnis maupun teman-teman lama semasa sekolah. Salah satunya adalah akun milik Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan, Irsyad Yusuf, yang saat ini mulai santer dibicarakan akan maju dalam Pilkada 2013 mendatang.

Selain akun facebook para tokoh dan pejabat, kini akun partai politik pun mulai bermunculan di akhir tahun 2011 guna menarik dan memberikan ruang bagi kader partainya, seperti yang dilakukan partai baru Nasdem dengan akun barunya Restorasi Pasuruan dan juga akun partai Dpc Pkb Kab Pasuruan. Akun-akun tersebut jelas dibuat oleh kader Partai untuk mempromosikan dirinya kepada para peselancar dunia maya di Kabupaten Pasuruan. (yog/yog)