Jembatan Ambles, Jalur Dua Kecamatan Terputus

403

Kraton (wartabromo) – Lagi, akibat sering dilalui kendaraan bermuatan berat serta banjir yang kerapkali menerjangnya. Sebuah jembatan yang menghubungkan dua kecamatan di Desa  Plinggisan Kecamatan Kraton, Pasuruan ambles dan nyaris ambrol.

Kondisi ini membuat jembatan yang menghubungkan dua kecamatan yakni kecamatan Pohjentrek dan Kraton tersebut terputus akibat tak bisa dilalui kendaraan.

Dari pantauan wartabromo di lokasi, sejumlah warga terpaksa menutup jembatan yang mengalami keretakan tepat di bagian tengah tersebut dengan pohon bambu. Mereka khawatir jika  tiba-tiba ambrol dan memakan korban jiwa bagi pengendara yang melewatiya.

“Sengaja ditutup oleh warga, biar aman,” ujar Radiyal, salah seorang perangkat Desa Plinggisan, Rabu (7/3/2012).

Amblesnya satu pilar tengah jembatan tersebut selain diakibatkan oleh seringnya dilalui kendaraan bermuatan berat juga akibat usia pilar yang sudah sangat tua yakni dibangun pada masa jaman kolonial belanda.

“Sudah tua mas, pernah direhab sekali pada tahuan 1987-an,” tambah Radial.

Menurut keterangan warga setempat, amblesnya jembatan plinggisan sepanjang 12 meter tersebut terjadi pada Selasa (6/3/2012) sore atau sesaat setelah sebuah mobil pick up bermuatan berat melewatinya.

“Untung mas, mobil pick up tersebut gak jatuh,” kata salah seorang warga.

Sementara itu, Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Pasuruan, Hari Aprianto membenarkan jika amblesnya jembatan tersebut dikarenakan usianya yang sangat tua serta seringnya dilewati kendaraan bermuatan berat.

Pihaknya berjanji akan segera melakukan perbaikan terhadap jembatan tersebut pada tahun ini.

“Kita akan lakukan perbaikan segera,” janji Hari. (mj/yog)