Wisatawan Kecewa, Jalur Arah Lautan Pasir Tak Bisa Dilewati

528

Tosari (wartabromo) – Akibat longsor yang terjadi di jalur wisata bromo sejak kamis (15/3/2012) kemarin, akses jalur menuju lautan pasir dari arah Pasuruan hingga kini masih belum bisa dilewati. Kondisi ini dipastikan akan berlangsung selama 2 hari ke depan sehingga para wisatawan hanya bisa menikmati indahnya pegunungan Bromo melalui Puncak Penanjakan.

Ketua Koperasi Bromo Tenger Sejahtera Tosari, Trisno Sudigdo mengatakan, wisatawan yang hendak melihat  lautan pasir bromo mulai kamis kemarin mengaku kecewa atas terjadinya bencana longsor di jalur leter S bagian bawah pakis bincil atau sekitar 200 meter dari lautan pasir tersebut.

Kekecewaan para wisatawan tersebut menyusul paket wisata bromo yang sudah ditawarkan rata-rata sampai hingga ke lautan pasir.

Namun demikian, setelah mendapat penjelasan sebagian wisatawan bisa memaklumi kejadian tersebut.
Para pelaku wisata terutama penyedia jasa jeep terpaksa hanya bisa mengantarkan mereka sampai di puncak penajakan.

“Ya, banyak wisatawan yang kecewa tapi mau gimana lagi, ini kan faktor alam,”ujar Trisno Saat dihubungi wartabromo, Jum’at (16/3/2012).

Hingga kini pihaknya bersama warga dan anggota BPBD sudah berusaha membersihkan longsoran tanah yang menutupi badan jalan sepanjang 15 meter tersebut . Akan tetapi, karena kondisinya cukup parah maka dibutuhkan alat berat untuk membersihkannya.

“Kalau secara manual tidak bisa, harus dengan alat berat,” tambahnya.

Ditambahkan oleh Trisno, akibat kondisi cuaca hujan saat ini, diharapkan bagi para wisatawan Bromo untuk lebih berhati-hati terutama saat melewati kawasan dingklik karena cukup rawan terhadap longsor.

“Paling cepat hari minggu sudah bisa dilewati,” ujar Trisno yakin. (yog/yog)