Jalur Wisata Bromo Arah Lautan Pasir Sudah Bisa Dilewati

186


Tosari (wartabromo) – Setelah sempat terputus paska longsor yang terjadi sejak Kamis (15/3/2012) sore lalu, Jalur Wisata Bromo Penanjakan-Lautan pasir kini mulai bisa dilewati oleh kendaraan roda dua dan empat.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pasuruan, Yudha Triwidya Sasongko, jalur yang sempat tertimpa longsor tersebut yakni leter S bagian bawah pakis bincil sudah dibersihkan oleh petugas BPBD dan warga setempat dengan menggunakan alat berat sejak kamis sore hingga minggu (18/3/2012) hari ini.

Sementara, memasuki hari kedua paska longsor tersebut, jalur sudah bisa dilewati oleh kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

“Sudah bisa dilewati di hari ke-2 ini,” ujarnya pada wartabromo, Minggu (18/3/2012).

Namun demikian kendati sudah bisa dilewati, Yudha menambahkan masih belum berjalan dengan normal. Pasalnya, kendaraan tersebut harus lewat secara bergantian akibat sebagian badan jalan masih tertutup tanah longsor.

“Masih harus bergantian. Tapi kita masih terus berupaya agar bisa segera di lewati 2 jalur,” tambahnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, akibat bencana longsor sejak dua hari lalu, jalur wisata bromo penanjakan- lautan pasir menjadi terputus. Hal ini mengakibatkan sejumlah wisatawan maupun warga tidak bisa menuju lautan pasir bromo maupun sebaliknya.

Longsoran tanah tersebut terjadi di jalur leter S bagian bawah pakis bincil atau sekitar 200 meter dari lautan pasir bromo. (yog/yog)