Gawat! Mahasiswa Pasuruan Tuntut KNPI Dibubarkan

513


Pasuruan (wartabromo) – Aksi unjuk rasa yang digelar oleh puluhan mahasiswa Pasuruan yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Peduli Rakyat (Ampera) selain menyuarakan tuntutannya terkait rencana kenaikan harga BBM juga mendesak agar organisasi Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dibubarkan.

Keberadaan KNPI saat ini dianggap merupakan kepanjangan tangan dari pemerintah yang tidak pernah bisa menaungi dan menyampaikan aspirasi mahasiswa dan masyarakat. Terutama menjelang rencana kenaikan harga bahan bakar minyak oleh pemerintah.

“Kami minta KNPI dibubarkan saja. Mereka hanyalah mafia proposal,” ujar Zulkarnain, Korlap aksi mahasiswa dengan nada kecewa saat ditemui di depan kantor DPRD Kota Pasuruan, Selasa (20/3/2012).

Para mahasiswa ini memasukkan pembubaran organisasi kepemudaan KNPI karena dianggap sudah tidak bisa lagi mengayomi gagasan pemuda nusantara.

Dikutip dari tribunnews.com, organisasi ini menuai kontroversi dari aktivis mahasiswa menyusul informasi yang beredar dalam pesan BackBrry mesenger bahwa Presiden SBY akan meredam penolakan kenaikan harga BBM dengan mengajak sejumlah pengurus Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) di tingkat pusat dan daerah berangkat ke China. Mereka yang akan berangkat ke Cina terdiri dari 18 DPP KNPI dan 28 DPD KNPI se-Indonesia.

Aksi puluhan Mahasiswa Pasuruan tersebut diterima oleh Wakil Ketua DPRD Kota Pasuruan Zainul Arifin dan lima anggota dewan lainnya yang turut membubuhkan tanda tangan di atas lembar tuntutan mahasiswa yakni penolakan terhadap kenaikan BBM, Nasionalisasi aset-aset startegis pertambangan, penguatan transportasi massal serta Pembubaran KNPI. (yog/yog)