Pusat Kemiskinan Itu di Daerah Kawasan Perkebunan

509


Prigen (wartabromo) – Warga miskin di Jawa Timur ternyata paling banyak dijumpai di daerah-daerah yang dekat dengan kawasan perkebunan. Hal ini didasarkan dari data Badan Pusat Statistik yang disampaikan oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf saat memberikan sambutannya dalam kegiatan sosialisasi pemberdayaan masyarakat daerah rawan transmigrasi, di Desa Kebun Jeruk Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan, Selasa (10/4/2012).

Menurutnya, saat ini kemiskinan yang terjadi di wilayah Jawa Timur tersebut menjadi perhatian serius pihak Pemprov Jatim terutama di wilayah yang dekat dengan perkebunan. Masalah tersebut muncul akibat makin banyaknya warga yang hanya bekerja sebagai buruh tani semata karena tidak memiliki lahan sendiri.

“Faktanya saat ini, daerah-daerah perkebunan tersebut justru menjadi pusat kemiskinan terbanyak seperti yang terlihat di kawasan perkebunan Jember,” ujar Gus ipul.

Dirinya menambahkan, dibutuhkan upaya serius dari pihak pemerintah, perkebunan serta elemen masyarakat agar kemiskinan tersebut bisa segera dituntaskan.Salah satunya dengan upaya penandatangan MOU kerjasama antara pihak perkebunan dengan warga sekitar terkait pengelolaan lahan tersebut.

“Warga sekitar perkebunan perlu dicarikan lahan yang bisa ditanami berbagai tanaman produksi,” tambah Wagub asal Purwosari, Pasuruan tersebut.

Pihaknya akan siap memberikan bantuan berupa 1.000 bibit tanaman kopi bagi warga jika MOU antara pihak perkebunan dan warga bisa dicapai.

Sementara itu, sebanyak 1.500 bibit kopi jenis Robusta diserahkan pada warga dalam kegiatan sosialisasi pemberadayaan masyarakat daerah rawan transmigrasi yang digelar atas kerjasama Lembaga Pengembangan Pertanian NU dan Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi Dan Kependudukan Pemprov Jatim di Desa Kebun Jeruk Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan. (yog/yog)