Akhirnya! Pelajar asal Kabupaten ‘Gratis’ Sekolah di Kota

574
Foto : Ilustrasi

Pasuruan (wartabromo) – Sebuah kabar gembira dari dunia pendidikan disampaikan oleh Walikota Pasuruan, Hasani dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada Rabu (2/5/2012). Pasalnya, mulai tahun 2013 mendatang, Pemerintah Kota Pasuruan akan menggratiskan seluruh beban biaya pendidikan bagi siswa-siswi asal Kabupaten Pasuruan yang bersekolah di Kota Pasuruan.

Kebijakan tersebut diambil berdasarkan kesepakatan yang diambil antara Pemkot Pasuruan dengan Pemkab Pasuruan untuk saling menanggung beban biaya pendidikan tersebut.

“Kami sudah saling kerjasama. Semua siswa asal Kabupaten akan mendapatkan pembebasan biaya pendidikan,” ujar Walikota Pasuruan, Hasani.

Menurutnya, selama ini tidak semua siswa yang berasal dari kabupaten mendapatkan biaya pendidikan gratis. Hal ini terjadi karena Pemkot Pasuruan lebih memprioritaskan siswa dari dalam kota sendiri.

“Mulai tahun 2013, semua siswa asal kabupaten akan mendapatkan perlakuan yang sama. Gratis,” tandas Walikota.

Lebih lanjut Hasani menambahkan, pihaknya juga akan merencanakan pembukaan sekolah setingkat SMP di kawasan utara Kota Pasuruan sebagai upaya pemerataan bidang pendidikan.

“Kami sudah membeli lahan untuk pembukaan sekolah baru tersebut,” ujar Hasani. (ayu/yog)