Polisi dan Bikers Sepakat Jaga Keamanan

292
Berkomitmen - Salah seorang perwakilan dari klub bikers menandatangani Komitmen Bersama di Mapolres Pasuruan Kota, Sabtu (12/5/2012)

Pasuruan (wartabromo) – Banyaknya aksi nekat para pemotor di jalanan umum tidak dipungkiri membuat warga resah. Pihak kepolisian yang sudah lama mendapat keluhan merespon dengan mengumpulkan belasan klub maupun komunitas motor yang ada di Kota Pasuruan, Sabtu (12/5/2012).

Sebanyak 16 perwakilan klub dan komunitas motor dikumpulkan di Mapolres Pasuruan Kota untuk menandatangani Komitmen Bersama Kapolres dan Sat Lantas Polres Pasuruan Kota. Meski tidak mewakili semua klub dan komunitas, dari belasan kelompok yang hadir diharapkan bisa menjadi pelopor kepolisian. Diharapkan mereka mampu menjadi polisi untuk diri mereka dan komunitas mereka sendiri.

“Diharapkan mereka bisa menjadi pelopor polisi yang siap menjadi polisi untuk diri mereka sendiri, komunitas sendiri, bahkan komunitas yang lain,” yakin Kapolres Pasuruan AKBP Atih Nursani Purwati kepada wartawan di Mapolres.

Menurut Atih, kegiatan juga dimaksudkan untuk mengantisipasi munculnya geng-geng motor yang sering berbuat onar, seperti di kota-kota besar.  “Ya termasuk untuk mengantisipasi hal itu. Tapi di Kota Pasuruan belum ada yang mengarah ke sana (adanya geng motor),” jelasnya.

Sementara itu salah seorang perwakilan menyatakan siap menjauhi kriminalitas. Para bikers juga siap ditindak tegas jika melanggar hukum. “Kami senang dengan komitmen bersama ini,” kata Yudha Darma, salah seorang perwakilan bikers.

Sementara Komitmen Bersama dihadiri 16 klub dan komunitas motor se-Kota Pasuruan, diantaranya HTML, BMC, KOMA, BKRC AMPC PKCP dan lain-lain.  (jr/jr)