Kafirkan Gus Dur, Pemilik Akun FB Dipolisikan

305
Foto : Ilustrasi

Bangil (Wartabromo) – Setelah sebelumnya sejumlah tokoh mendatangi Mapolres Pasuruan lantaran kasus penistaan agama oleh akun facebook berinisal FES. Hari ini, Sabtu (29/9/2012) belasan orang yang tergabung dalam Gus Dur Foundation Pasuruan mendatangi kantor Mapolres Pasuruan. Berbeda dengan kasus FES, kali ini mereka datang lantaran melaporkan akun facebook yang dinilai telah melecehkan dan mengkafirkan Alm. KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Akun FB atas nama Amienz Anker dinilai telah melakukan posting status-status yang memancing emosi para pendukung dan pecinta Gus Dur. Pasalnya banyak diantara status yang ditulisnya sangat menghina bahkan menyatakan Gus Dur kafir dan seorang misionaris Yahudi.

M. Rofi’i salah seorang perwakilan Gus Dur Foundation menyatakan, pihaknya sangat tidak terima dengan apa yang ditulis oleh pemilik akun tersebut apalagi saat ini facebook adalah jejaring sosial yang mudah diakses oleh siapa saja. Tak hanya itu, apa yang diposting oleh pemilik akun tersebut sarat dengan pelecehan dan penghinaan yang diarahkan pada kelompok dan organisasi Nahdlatul Ulama.

“Ini sangat berbahaya karena Facebook sekarang ibarat warung kopi yang bisa diakes siapapun,” ujar pria yang akrab dipanggil Ofi saat berada di ruang SPK Mapolres Pasuruan, Sabtu (29/9/2012).

Menurutnya, pelaporan yang dilakukan oleh Gus Dur Foundation tersebut sebagai langkah antisipatif agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan mengingat sebagian besar warga Pasuruan adalah Nadhliyin dan pecinta Gus Dur.

Dalam kegiatan pelaporan tersebut, sejumlah poster bertuliskan ‘sebarkan kedamaian’ terlihat dibawa oleh sejumlah orang. Mereka diterima langsung oleh Kepala SPK Aiptu Didik didampingi oleh Kasatreskrim Polres Pasuruan, AKP Supriyono dan Kasat Intelkan AKP Agus Bandiono.

Menanggapi pelaporan penghinaan yang dilakukan oleh pemilik akun Amienz Anker tersebut, Kasatreskrim AKP Supriyono mengatakan akan segera menindaklajuti serta melacak pemilik akun FB Amienz Anker guna dimintai keterangan.

“Kita akan klarifikasi laporan ini kemudian akan kita tindaklanjuti,” ujar AKP Supriyono.

Dalam kesempatan tersebut, perwakilan Gus Dur Foundation menyerahkan sejumlah bukti fotocopy postingan status yang pernah ditulis oleh Akun FB Amien Anker termasuk sejumlah teman-teman FB-nya yang turut berkomentar. Diantara isi postingan dan komentarnya antara lain : “Gus Dur kafir jangan dikuti!! Gus Dur misionaris Israel bekerjasama dengan ulama yahudi untuk mengkristenkan Indonesia”; Jangan ikuti NU-nya si Dajjal Gu Dur dan penerus-penerusnya”;”Gus Dur pendukung pemurtadan dan kristenisasi”.

“Ada dua point kalimat yang dianggap paling berbahaya yakni “Gus Dur kafir karena pada saat berobat sakit mata ia minta tolong ke Yesus/Nasrani” dan “Apa pantas kita berguru pada Gus Dur”,’ tegas M. Rofi’i. (fyd/yog)