Diumumkan, Jumlah DPT Kejapanan Terbanyak

300

Kejayan (wartabromo) – Desa Kejapanan Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan merupakan Desa yang memiliki jumlah pemilih terbanyak. Hal ini diketahui dari hasil pengumuman Daftar Pemilih tetap tiap Desa yang dilakukan oleh masing-masing PPS se-Kabupaten Pasuruan, Senin (7/1/2012).

Berdasarkan data yang didapatkan wartabromo.com, Desa Kejapanan Kecamatan Gempol memiliki jumlah pemilih sekitar 15.000 atau paling banyak dibandingkan Desa atau Kelurahan lainnya di Kabupaten Pasuruan. Selain itu, Kecamatan Gempol juga memiliki jumlah pemilih terbesar yakni mencapai sekitar 90.000 pemilih.

Sementara itu, wilayah yang memiliki jumlah pemilih paling sedikit atau terkecil berada di Kecamatan Tosari yakni hanya berjumlah sekitar 13.000 pemilih dari jumlah total DPT Kabupaten Pasuruan yang mencapai sekitar 1,142 pemilih.

Anggota KPUD Kabupaten Pasuruan, Hari Moerti menjelaskan, jumlah pemilih tersebut dimungkinkan bisa bertambah jika kemudian diketahui masih ada warga yang belum terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap yang diumumkan oleh PPS di masing-masing desa atau Kelurahan.

“Jika masih ada warga yang belum terdaftar. Kita akan menerima sesuai dengan mekanisme,” ujarnya.

Menurutnya, jika ada warga yang sudah memenuhi syarat untuk terdaftar sebagai pemilih namun namanya tidak tercantum dalam DPT maka mereka bisa mengajukan diri dengan disertai dokumen diri sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Nanti pada saat rekap di Kecamatan yakni pada tanggal 9-10 Januari, warga yang belum terdaftar masih bisa ditambahkan. Tentunya dengan disertai dokumen dan juga disaksikan oleh Panwascam setempat,” ujarnya. (yog/yog)