Pabrik Mebel Wonorejo Ludes Terbakar

358

Wonorejo (wartabromo) – Kebakaran hebat terjadi di sebuah Pabrik mebel di wilayah Sambisirah Kecamatan Wonorejo, Pasuruan, Kamis (21/2/2013) pagi. Pabrik mebel milik PT Milenia Furniture Indonesia tersebut ludes dilalap si jago merah. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut namun kerugian ditaksir mencapai miliaran rupiah.

Peristiwa kebakaran tersebut, menurut sejumlah saksi mata terjadi sekitar pukul 05.00 Wib sesaat setelah ratusan karyawan bagian finishing touch keluar dari dalam pabrik.

Zaki (30) salah seorang karyawan pabrik menuturkan, dirinya sempat melihat ada percikan api dari dalam mesin pengering atau finishing yang ada di dalam gudang. Namun, dirinya tak sempat melakukan pemadaman lantaran api begitu cepat menjalar dan meludeskan seluruh isi gudang.

“Dugaannya, api dari percikan di mesin confire (mesin pengering,red),” ujarnya.

Berdasarkan pantauan wartabromo di lokasi, akibat kebakaran tersebut, dua gudang dan perkantoran milik pabrik yang memproduksi mebel tersebut ludes dilalap si jago merah.

Sementara guna memadamkan api, satu unit mobil pemadam kebakaran dari Pemkab Pasuruan langsung didatangkan.

Sayang, akibat minimnya petugas pemadam kebakaran serta munculnya larangan petugas keamanan pabrik bagi karyawan dan warga yang ingin membantu, membuat api kian berkobar dan melalap habis seluruh isi gudang.

“Dilarang masuk mas,” ujar salah seorang karyawan yang hanya bisa melongo melihat pabrik tempatnya bekerja ludes dilalap api.

Pihak aparat kepolisian setempat, hingga kini masih melakukan olah TKP untuk mengetahui penyebab pasti kebakaran. Berdasarkan catatan wartabromo, PT MFI sudah sebanyak empat kali mengalami kebakaran.(yog/yog)