Jelang Detik-Detik Pencoblosan, Sms dan Selebaran Gelap Beredar

250

Pasuruan (wartabromo)– Menjelang detik-detik pelaksanaan pemungutan suara Pemilukada Kabupaten Pasuruan, muncul sejumlah short messege service (SMS) gelap dan selebaran yang bernada ajakan untuk golput. beredar di sejumlah wilayah di Kabupaten Pasuruan.

SMS dan selebaran provokatif tersebut tak hanya mengajak untuk Golput alias tidak menggunakan hak suaranya dalam Pemilukada namun juga menjelek-jelekkan salah satu pasangan calon serta relawan pendukungnya.

Berdasarkan data yang didapatkan wartabromo, selebaran yang mengatasnamakan gabungan LSM Kabupaten Pasuruan serta masyarakat peduli Pasuruan tersebut secara terang-terangan mengajak warga agar tidak mencoblos pada hari minggu tanggal 3 maret 2013, hari ini.

‘Menghimbau warga Pasuruan untuk tidak Menngunakan Hak Pilih pada Pilkada Kabupaten Pasuruan karena calon calonnya tidak ada yang benar’

Begitulah salah satu kalimat yang ditemukan dalam salah satu selebaran di Jalan Raya Desa Sengon Aguung, Kecamatan Purwosari, Sabtu (2/3/2013) malam.

“Saya menemukannya di jalan raya tadi mas,” ujar Usman, salah seoarang Pengawas Pemilu Lapangan Purwosari.

Tak hanya beredar melalui selebaran, ajakan Golput serta menjelek-jelekkan salah satu pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati tersebut juga beredar melalui Short Messege service (SMS). seperti yang diterima oleh salah seorang wartawan televisi nasional, Tuji Hartono.

Dalam SMS tersebut, secara jelas, si pengirim menjelek-jelekkan pasangan nomer urut empat Irsyad Gagah beserta salah satu pendukungnya yang tinggal di wilayah Gempol,Pasuruan.

Menanggapi hal tersebut, Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Pasuruan mengaku juga banyak mendapatkan laporan yang serupa terkait sms dan selebaran tersebut.

“Kita akan selediki siapa pengirimnya,” ujar Akhmad Hidayat, Anggota Panwaslu Kabupaten Pasuruan bidang pengawasan. (yog/yog)