198 Siswa Komando Marinir Resmi Dapat Baret Ungu

239

Grati (wartabromo) – Sebanyak 198 siswa Pendidikan Komando Marinir akhirnya resmi mendapatkan Baret Ungu. Para siswa tersebut terdiri dari 23 Kadet Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke-59 dan 175 siswa Dikmata angkatan ke-32.

Upacara penyematan baret sendiri dilakukan di pantai Pasir Panjang, Grati, Pasuruan, Senin (4/3/2013).

Para prajurit tersebut dinyatakan lulus setelah sudah ditempa dengan berbagai latihan seperti tahap laut, latihan tahap komando, tahap hutan, tahap gerilya dan lintas medan Banyuwangi-Pasuruan.

Dan Pasmar 1, Brigjen TNI (Mar) Siswoyo Hari Santoso yang ditunjuk sebagai inspektur upacara dalam upacara pembaretan tersebut mengatakan bahwa Baret Ungu merupakan simbol kehormatan Koprs Marinir sehingga jangan sampai melakukan tindakan bodoh yang bisa mencoreng korp marinir.

“Baret Ungu bukan hanya sekedar baret. Tapi juga simbol kehormatan dan kebanggaan,” ujar Siswoyo yang sempat digendong keliling pantai oleh ratusan Marinir baru usai upacara.

1 unit korps musik Kobangdikal, 1 pleton Antap Kolatmar, 1 pleton pelatih dan 2 unit kendaraan tempur Tank amfibi PT 76 modifikasi juga dihadirkan untuk meramaikan upacara pembaretan tersebut. (yog/yog)