Jelang Unas, Ratusan Siswa Basuh Muka Air Kembang

517

Bangil (wartabromo) – Menjelang pelaksanaan ujian nasional (Unas) Sekolah menengah atas maupun kejuruan, senin (15/4/2013) esok. Berbagai upaya dilakukan oleh siswa agar bisa lolos ujian akhir tersebut. Di Pasuruan, ratusan siswa kelas 12 SMKN 1 Bangil menggelar kegiatan basuh muka kembang tujuh rupa, istighotsah dan doa bersama, Jumat (12/4/2013).

Kepala Sekolah SMKN 1 Bangil, A Yusuf menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan untuk memohon kepada Allah SWT agar saat pelaksanaan ujian akhir nanti sebanyak 439 siswa SMKN 1 Bangil bisa mengerjakan soal dengan mudah dan lulus dengan baik.

“Tujuannya memohon kepada Allah SWT supaya diberi kelancaran dan bisa lulus semua,”ujar A Yusuf, Kepala Sekolah SMKN 1 Bangil kepada wartawan.

Dalam kesempatan tersebut, ratusan siswa bersalaman dan bermaafan dengan para guru serta mencuci mukanya dengan air kembang tujuh rupa yang disiapkan di atas bejana besar.

Tak hanya itu, suasana haru pun terlihat saat para siswa larut dalam tangis saat mengucapkan kata maaf pada para guru yang berdiri berjajar. Mereka juga diliputi rasa takut tak lulus dalam ujian akhir nasional yang akan digelar senin depan. (yog/yog)