68 Calon Jamaah Haji Pasuruan Tunda Keberangkatan

185

Pacalon-jamaah-haji-calhaj-sedang-mengikuti-bimbingan-manasik-haji-ilustrasi-_110923203905-765suruan (wartabromo) – Sebanyak 84 calon jamaah haji Kabupaten Pasuruan dinyatakan belum melunasi BPIH hingga saat ini. Ke-84 CJH tersebut terdiri atas 18 CJH yang meninggal dunia serta 68 calon jamaah haji yang memutuskan menunda keberangkatannya.

Plt Kepala Kantor Kementerian agama Kabupaten Pasuruan, Fauzi menjelaskan puluhan CJH yang menunda keberangkatannya tersebut beragam alasan seperti alasan ekonomi, alasan pribadi seperti sakit atau memiliki kepentingan yang tidak dapat ditinggalkan.

“Ya, ada sejumlah alasan sehingga mereka menunda keberangkatan,” ujar Fauzi.

Dijelaskannya, berdasarkan kuota CJH Kabupaten Pasuruannya total tercatat 1378 calon jamaah haji, kemudian yang sudah melunasi hanya 1294 CJH atau minus 84 jamaah yang tidak melunasi.

Sementara itu, terkait rencana pengurangan kuota haji, Kanwil Kemenag Jatim sudah menyiapkan 2 opsi terburuk pengurangan kuota haji 20 persen tersebut. pihak Kanwil masih menunggu hasil Menteri Agama, Suryadharma Ali yang saat ini berusaha melobi pemerintah Arab Saudi.

Kuota haji di Jatim sendiri saat ini mencapai 31.251 CJH atau terbanyak nomor dua setelah Provinsi Jawa Barat. Dari jumlah tersebut yang belum melunasi BPIH sebanyak 7 persen. (yog/yog)