Pilgub Jatim, KPU Optimis Angka Golput Semakin Kecil

554
Petugas memasukan logistik Pilgub ke kotak. Foto: G Arif Subagyo

Kejayan (wartabromo) – KPUD Kabupaten Pasuruan optimis jumlah pemilih yang datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam Pilgub 29 Agustus besok akan mencapai target hingga 70%. Angka golput diyakini semakin kecil.

Optimisme itu didasarkan pada tren beberapa pemilihan umum terakhir di Kabupaten Pasuruan. “Apalagi dengan adanya surat keputusan dari Mendagri yang menetapkan besok sebagai hari libur,” kata Zainal Abidin, Ketua KPUD Kabupaten Pasuruan, Rabu (28/8/2013).

Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri RI Bernomor 270-4819 Tahun 2013, menetapkan hari pemungutan suara Pilgub Jatim sebagai hari libur. Dengan adanya SK tersebut, otomatis memberikan kesempatan kepada seluruh masyarakat Jatim, terutama yang terikat sebuah profesi untuk mencoblos di TPS yang sudah ditentukan.

Baca Juga :   Gempa Magnitudo 5,9 Guncang Malang hingga Lumajang

“Kita sudah mensosialisasi secara menyeluruh, baik di pasar tradisional, pertokoan besar, hingga di perusahaan di Kabupaten Pasuruan,” jelasnya. Ia yakin partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya semakin tinggi.

Sampai hari ini KPUD telah mendistribusikan seluruh logistik ke 24 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Selanjutnya, semua logistik akan disalurkan ke 2442 TPS se-Kabupaten Pasuruan. Koordinasi dengan semua PPK, Panwaslu serta Kepolisian juga terus dilakukan. (eml/fyd)