Tahun Ini, Target Panen Garam di Pasuruan 90 Ton

606
Panen - Salah seorang petani garam di Pasuruan sedang panen. Foto : eml
Panen – Salah seorang petani garam di Pasuruan sedang panen. Foto : eml

Pasuruan (wartabromo) – Pemerintah Kabupaten Pasuruan optimis bisa mentargetkan panen garam tahun ini mencapai sekitarĀ  90.32 ton dari lahan garam seluas 42,67 hektar milik para petani garam yang tersebar di Desa Raci Kecamatan Bangil, Desa Gerongan Kecamatan Kraton, serta Desa Tambak Lekok Kecamatan Lekok.

Hal ini terlihat dari hasil panen awal yang sudah dilakukan oleh para petani garam sejak 2 september kemarin yang mencapai 40,55 ton garam berkualitas KW I.

Kabid Usaha Perikanan dan Pengembangan Kawasan Pesisir di Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pasuruan, Soegeng Soebijanto mengatakan, kondisi cuaca yang sangat mendukung memberikan keyakinan jika target produksi garam bisa dicapai dalam tahun ini.

Baca Juga :   Rumput Gelora Merdeka Segera Berstandar Internasional

“Lahan seluas 42,67 hektar itu tidak semuanya dipanen dalam sehari, melainkan secara berjenjang, bisa besoknya lagi, bisa dua hari lagi dan seterusnya. Kita optimis dapat mencapai target produksi garam tahun ini,”ujaranya pada wartabromo.

Menurutnya, untuk mendorong percepatan menuju target produksi garam, Kementerian Kelautan dan Perikanan Pusat telah menganggarkan dana sebesar Rp. 738,1 juta yang akan digunakan untuk pendanaan PUGAR (Pengembangan Usaha Garam Rakyat) serta Rp 400 juta untuk pendanaan BLM (Bantuan Langsung Masyarakat) di sekitar kawasan pesisir seperti Kecamatan lekok, Kraton, maupun Kecamatan Bangil. (eml/yog)