Kawasan Tahura Kembali Terbakar, 30 Hektar Hutan Ludes

618
Ilustrasi

Prigen (wartabromo) –Kebakaran kembali terjadi di Kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo, Senin (11/11/2013). Lebih dari 30 hektar lahan ludes akibat kebakaran.

Kepala Seksi Tahuran R Soerjo Wilayah Pasuruan, Gatot Sundoro, mengatakan titik api berasal dari kawasan mata air Kop-kopan yang berada di lereng Gunung Welirang masuk Kelurahan Pecalukan Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan.

Kebakaran terjadi sejak pukul 08.00 WIB dan sampai pukul 16.30 WIB belum padam. “Api masih terus membesar. Anginnya kencang,” kata Gatot.

Sebanyak 25 anggota Tahura dan warga sekitar naik ke atas mencoba memadamkan api. Pemadaman dilakukan dengan cara manual dengan sistem gebyok menggunakan ranting pohon.

Sekretaris Paguyuban Kelompok Tani Tahura (KTT) Arjuna Lestari, MH Dardiri, akibat kebakaran yang berlangsung lebih dari tujuh jam, sekitar 30 hektar lahan hutan ludes.

Baca Juga :   Banjir Rendam Jalur Pantura Pasuruan

“Api terus merambat, kira-kira sudah 30 hektar terbakar,” ujar Dardiri.

Dua hari lalu kawasan Tahura R Soerjo juga terbakar. Menurut Dardiri, kebakaran waktu itu meludeskan lima hektar hutan.

Tahura R Soerjo seluas sekitar 27 ribu hektar berada di lereng Gunung Arjuna terletak di daerah Pasuruan, Malang, Batu, Mojokerto dan Jombang. Tumbuh subur di hutan lindung ini berbagai jenis vegetasi rimba dan menjadi habitat satwa dilindungi seperti rusa, macan tutul, lutung Jawa dan satwa yang lainnya. (fyd/fyd)