Bayi Kuda Nil Mini Bernama ‘Valentine’ Lahir di TSI II Prigen

550

bayi-kuda-nilPrigen (wartabromo) – Taman Safari Indonesia II Prigen, Pasuruan terus berbahagia dengan kian suksesnya perkembangbiakan satwa yang dipeliharanya. Setelah sebelumnya, bayi Orang Utan lahir, kini seekor bayi Pygmy Hippo betina atau yang dikenal dengan anak Kuda Nil mini kembali lahir di taman konservasi satwa ini.

Informasi yang didapatkan wartabromo, Satwa asli Benua Afrika itu dilahirkan secara normal dari Indukan betina bernama Fluvy (15) yang merupakan hasil perkawinan dengan pejantan bernama Framky (25) pada Rabu (19/2/2014) sekitar pukul 23.00 WIB.

Drh Rika Rahmawati (23) tim medis TSI II Prigen mengatakan, bayi kuda nil mini tersebut lahir dengan berat 5 kilogram, tinggi 25 centimeter serta memiliki panjang 50 centimeter.

“Namanya Valentina, lantaran waktunya berdekatan dengan Hari Valentine, biar orang cepat hafal dengan namanya,”ujar Drh Rika, Kamis (20/2/2014).

Menurutnya, para pengunjung bisa langsung melihat bayi hewan jenis Herbivora ini karena termasuk satwa yang cepat beradaptasi dengan suhu maupun makhluk di sekitarnya.

“Tidak mudah stress, karena aktifitasnya hanya makan sayur dan buah, berendam dan tidur-tiduran saja,”terangnya.

Lahirnya bayi Pygmy Hippo bernama valentine tersebut semakin menambah jumlah pygmy hippo TSI 2 Prigen setelah sebelumnya hanya ada 2 ekor jantan dewasa dan 1 betina dewasa. (eml/yog)