Sambal Bliwul Jadi Pemenang Lomba Sambal ‘Pasuruan Fruits and Flower Festival’

657

sambal-buahPandaan (wartabromo) – Untuk pertama kalinya, Pemerintah Kabupaten Pasuruan menggelar “Pasuruan Fruits and Flower Festival 2014”di Taman Dayu City of Festival Pandaan. Ratusan peserta dari semua potensi buah dan bunga di 24 kecamatan se-Kabupaten Pasuruan, Sabtu (8/3/2014) pagi, tumpah ruah menampilkan produk unggulannya termasuk lomba membuat sambal buah.

“Kalau masalah sambal, ini adalah urusan ibu rumah tangga. Setiap suami pasti mengharapkan masakan dari istrinya, terlebih sambal itu adalah pemanis makanan yang harus ada di meja makan,”ujar Lulis Isryad Yusuf saat mengahdiri pembukaan lomba sambal ini.

Dalam lomba sambal tersebut, para peserta menampilakan banyak aneka sambel yang memanfaatkan buah-buahan seperti sambal dari belimbing, dari mengkudu, dari serai atau dari bahan yang lain.

“Saya acungi jempol untuk semua peserta yang tampil pol-polan,” tandas istri Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf ini.

Lomba membuat sambal sendiri dimenangkan oleh peserta dari Kecamatan Lekok dengan inovasi Sambel Bliwul (belimbing wuluh) dan juara II diraih oleh Kecamatan Sukorejo melalui sambal mengkudu dan untuk juara III dimenangkan oleh Kecamatan Grati dengan sambal serai.

Ditemui terpisah, Trijono Isdijanto, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pasuruan menjelaskan, Pasuruan Fruits and Flower Festival 2014 merupakan ajang promosi untuk mengenalkan potensi buah dan bunga yang ada di kabupaten pasuruan khususnya wisatawan yang datang dari wilayah Malang maupun Surabaya.

“Kebetulan di Taman Dayu ini banyak sekali pengunjung yang datang untuk makan, makanya sekalian kita suguhkan sesuatu yang menarik untuk mereka datangi,”ujar Trijono di sela-sela acara. (eml/yog)