PNS Pasuruan Akan Gunakan Absensi Finger Print

632

PNSPasuruan (wartabromo) – Untuk meningkatkan tingkat kedisiplinan di kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemkab Pasuruan berencana menerapkan sistem absensi sidik jari (finger print) pada tahun 2014 ini.

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Pasuruan akan mengawalinya pada Tribulan keempat atau bulan September dengan menyiapkan 6 finger print yang akan digunakan untuk seluruh pejabat eselon II, III, dan staf di Sekretariat Daerah Kabupaten Kabupaten Pasuruan.

“Mesin absensi sidik jari ini merupakan upaya kita untuk meningkatkan kedisiplinan PNS di lingkup Pemkab Pasuruan biar antara yang rajin dan yang tidak,” kata Henis Widayanto, Kepala BKD Kabupaten Pasuruan.

Henis menjelaskan, penerapan Sistem Absensi Finger Print memang untuk memotivasi seluruh jajaran pemerintahan, dalam hal ini para pegawai negeri sipil (PNS) agar dapat meningkatkan kinerja dan prestasinya masing-masing.

Baca Juga :   Sopir Truk Fuso Tersangka Kecelakaan Beruntun Purwosari

“Untuk percontohan, kita coba di lingkup komplek perkantoran Hayam Wuruk saja, nanti kita akan melihat seberapa banyak karyawan yang benar-benar memanfaatkannya,” imbuhnya.

Ditambahkannya, Finger Print tersebut akan tersentral ke BKD Kabupaten Pasuruan dengan sistem online, dan akan ditempatkan di pintu masuk beberapa instansi seperti Badan Perijinan dan  Penanaman Modal, Ruang Lobby Bupati dan Wakil Bupati, DPKD (Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah), BKD Kabupaten Pasuruan, serta dilengkapi dengan CCTV sebagai pengawas Finger Print itu sendiri.

“Ditakutkan ada yang merusak atau apa, makanya kita akan melengkapi dengan CCTV, sehingga kita berharap kepada seluruh karyawan untuk menjaganya,” pungkasnya. (eml/yog)