Jembatan Ambrol dan Pipa Rusak, 200 KK di Gempol Kesulitan Air Bersih

691

air pasuruanGempol (wartabromo) – Meski musim penghujan masih berlangsung, ternyata ratusan warga di Dusun Wonolilo, Desa Wonosari, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan justru mengalami krisis air bersih.

Berdasarkan pantauan wartabromo, krisis air bersih ini menyusul rusaknya pipa air dari Desa Sumbersuko Kecamatan Gempol akibat ambrolnya jembatan desa setempat beberapa waktu lalu.

“Pipanya rusak, akibatnya air sumber tak bisa mengalir ke kami. Kondisi ini, terjadi sudah beberapa hari terakhir,” tutur Siti (50) warga setempat.

Menurutnya, akibat kondisi tersebut tercatat sebanyak 200 Kepala Keluarga di wilayah setempat yang mengalami kesulitan untuk memperoleh air bersih seperti biasanya.

Untuk sementara guna mendapatkan air bersih, warga terpaksa membeli air galonan, untuk mendapatkan air minum. Sedangkan, untuk keperluan mandi dan mencuci, mereka memanfaatkan air sungai.

Baca Juga :   Gigih Timba Ilmu, Siswa Difabel asal Probolinggo Mendadak Viral di Medsos

“Untungnya, ada air sungai yang masih ngalir. Kalau tidak hujan, kami akan tambah bingung,” katanya.

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan, Bakti Jati Permana saat dikonfirmasi menyampaikan, pihaknya masih belum mendapatkan laporan dari pihak kecamatan setempat terkait krisis air bersih yang dialami oleh warga tersebut.

“Kami akan survey terlebih dahulu untuk mendata warga dan mengkomunikasikan dengan pihak kecamatan. Karena, belum ada laporan yang masuk, terkait krisis air bersih ini,” kata Bakti. (bib/yog)